Sabtu, Juli 20, 2024

3 Dampak Negatif Telat Sarapan, Jangan Anggap Remeh!

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Ada tiga dampak negatif ketika seseorang telat sarapan. Sarapan seharusnya menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan oleh siapapun.

Meski begitu, ada sebagian orang sengaja menunda, mengganti, atau menghilangkan sarapan dengan berbagai alasan.

Misalnya deadline kerja, tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan makanan, atau sedang menjalani diet penurunan berat badan.

Padahal, kebiasaan negatif ini justru akan mempengaruhi kondisi kesehata. Melansir dari berbagai laman kesehatan, ada tiga dampak negatif telat sarapan yang wajib diketahui dan tidak boleh diremehkan.

Mudah Lelah

Ketika seseorang telat sarapan atau sengaja melewatkan waktu sarapan tentu saja lebih cepat lelah. Selain otak, berbagai organ lain pada tubuh tentu membutuhkan asupan gizi yang optimal.

Hal ini agar stamina dan performa tubuh bisa bertahan dalam waktu yang lama. Sebaliknya, menunda atau menghilangkan waktu makan justru membuat tubuh lebih mudah lelah.

Pada kasus yang lebih parah, seseorang dapat sampai pingsan karena memaksa tubuh bekerja ekstra tanpa asupan makanan yang lcukup.

Mudah Terserang Penyakit

Saat telat makan, selain mudah lelah, ternyata mempunyai dampak yang buruk pada sistem imunitas tubuh.

Pasalnya, sistem imun membutuhkan asupan gizi yang cukup dan teratur agar mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan parasit lainnya.

Kurang Konsentrasi dan Tidak Fokus

Otak manusia membutuhkan asupan gizi yang optimal agar dapat bekerja dengan baik.

Jika seseorang sengaja menunda sarapan atau tidak sarapan makan, dapat dipastikan otak tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya dalam fokus dan konsentrasi.

Kondisi ini tentu akan membuat produktivitas kerja menurun dan aktivitas terganggu. Tentu saja akan berdampak buruk bagi kerjasama tim.

Para dokter gizi menyarankan agar tidak melewatkan waktu sarapan. Hal ini karena, ada dampak negatif telat makan bagi kesehatan.

Kurangnya konsentrasi dan mudah lelah merupakan beberapa dampak negatif apabila melewatkan aktivitas sarapan.

Hal yang paling parah apabila kebiasaan telat sarapan atau sengaja melewatkan waktu sarapan, mudah terserang berbagai penyakit. Oleh karena itu, diusahakan tidak telat atau sengaja melewatkan waktu sarapan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler