Kamis, Juli 18, 2024

3 Sarapan ini Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol, Wajib Dicoba!

RagamJabarupdate: Tiga sarapan ini dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini tentu wajib dicoba untuk para penderita kolesterol tinggi. Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya.

Sebagian orang berusaha menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi obat-obatan medis. Namun, usaha tersebut akan kurang bermanfaat apabila tidak dibarengi dengan gaya hidup atau kebiasaan sehat.

Melansir dari laman kesehatan, para peneliti mengatakan bahwa salah satu kebiasaan sehat yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan sarapan.

Saat seseorang sarapan, ada manfaat yang dirasakan seperti, dapat menurunkan risiko diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, dan membantu menurunkan kolesterol.

Namun, perlu diketahui jenis sarapan yang dipilih harus sehat. Hal ini menjadi kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi. Mari simak tiga sarapan sehat yang dapat menurunkan kolesterol.

Mengonsumsi Serat Larut

Untuk menurunkan kadar kolesterol, harus dimulai dengan mencukupi kebutuhan serat tubuh seperti. serat laut. Mengonsumsi serat larut, dapat membantu menjaga kadar kolesterol.

Serat larut merupakan sejenis serat lembut dan lengket yang menyerap air. Kemudian membentuk zat seperti gel dalam sistem pencernaan.

Serat ini mengatur kadar gula darah dan mencegah sakit jantung dengan menurunkan kolesterol. Serat laut dapat ditemukan pada oatmeal, kacang-kacangan, gandum, buah, dan alpukat.

Mengonsumsi Lemak Sehat

Menurut para peneliti, ketika sarapan pilihlah lemak sehat dan membatasi lemak jenuh. Pada lemak jenuh ternyata dapat meningkatkan kadar kolesterol seperti, produk susu, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan.

Lebih baik, mengganti lemak jenuh dengan makanan-makanan yang mengandung lemak sehat. Contohnya seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan minyak tak jenuh.

Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Asam Lemak Omega 3

Para peneliti mengatakan bahwa kolesterol tinggi dapat menurun dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 secara tidak langsung dapat mempengaruhi kadar kolesterol.

Masih melansir dari laman yang sama, asam lemak dapat mengurangi trigliserida yang merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam darah, serta membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

Cara sederhana untuk mendapatkan asam lemak omega-3 yang cukup dalam sarapan adalah dengan mengonsumsi kenari yang dapat dimasukkan ke dalam yogurt, oatmeal, dan mencampurnya menjadi smoothies.

Jangan lupa pula dibarengi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti makan makanan sehat dan berolahraga.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler