Akan Ada Gerhana Bulan Total Pada Tanggal 8 November 2022

Gerhana bulan total
Ilustrasi Gerhana Bulan Total/Nasa

Ragam, Jabarupdate: berbagai fenomena alam akan terjadi di akhir tahun, seperti gerhana bulan total pada 8 November 2022.

Peristiwa astronomi itu bakal terjadi pada bulan ini, selain gerhana bulan juga akan terjadi hujan meteor dari tiga penjuru langit.

Penampakan gerhana kali ini merupakan penutup dari fenomena alam terakhir di penghujung tahun 2022. Namun untuk melihatnya, jika dari wilayah Indonesia tidak bisa merata.

Seorang Astronomi dari ITB, mulai terjadi gerhana bulan tersebut sekitar pukul 15.02 WIB. Kontak kedua saat bulan memasuki umbara atau bayangan dari inti bumi.

Gerrhana sebagian dimulai pada pukul 16.09 WIB., gerhana bulan tersebut juga terjadi ketika cahaya matahari ke bulan terhalangi oleh bumi.

Sementara untuk fase gerhana bulan total dimulai sekitar pukul 17.16 hingga 18.41 WIB. Atau selama kurang lebih 1,5 jam, dan waktu puncaknya berada pada pukul 17.59 WIB.

Kontak terakhir penumbra atau bayangan sisi luar bumi yang mengakhiri seluruh proses dari gerhana bulan pada pukul 20.56 WIB.

Bagi pengamat di Indonesia, bagian timur fase dapat diamati sebagian. Mereka dapat mengamati seluruh fase gerhana hingga akhir.

Selain gerhana bulan penuh juga ada fenomena lain yakni tiga peristiwa hujan meteor. Pada tanggal 12 November 2022 adalah puncak dari hujan meteor Turid Utara dengan jumlah lima meteor per jam.

Muncul dari rasi Taurus sejak 20 Oktober hingga 10 Desember tahun 2022, hujan meteor ini juga disertai oleh bola api dan dapat dilihat sejak terbenam hingga fajar.

Kemudian juga dari bintang Leo akan muncul hujan meteor Leonid yang terhitung sejak 6 sampai dengan 30 November.

Dan untuk puncaknya berada pada kisaran 17-18 November. Leonid ini dapat melesat 10 meteor per jamnya. Rasi Leo ini baru akan terbit lewat tengah malam atau pukul 01.19 WIB.

Untuk perkiraan hujan meteor Alpha-monocerotid mulai dari tanggal 15-25 November. Ini mencapai puncaknya pada tanggal 21 November. Setidaknya melesat lima meteor dalam perjamnya.

Sementara waktu pengamatannya dimulai pada pukul 21.38 WIB., ketika rasi bintang Canis Minor terbit hingga fajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
Dishub Ciamis benahi rambu

Jadi Tuan Rumah Porprov XIV, Dishub Ciamis Benahi Rambu Penunjuk Jalan

Next Article
Aston Villa Permalukan Manchester

Bermain di Kandang, Aston Villa Permalukan Manchester United 3:1

Related Posts
Total
0
Share