Senin, Mei 27, 2024

Anak Kecanduan Gadget, Ada 3 Cara yang Dapat Orangtua Lakukan

Editor:Hilmi

Parenting, Jabarupdate: Anak kecanduan gadget memang menjadi kecemasan tersendiri untuk orangtua. Hal ini karena, teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari anak-anak sampai orangtua memang dipaksakan untuk menggunakan gadget.

Akibatnya, kemajuan teknologi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kecanduan gadget. Kecanduan gadget ini memang mempunyai kecenderungan seseorang malas keluar rumah bahkan sulit bersosialisasi karena mementingkan gadget.

Kecanduan gadget ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Hal ini harus diwaspadai oleh orangtua. Melansir dari berbagai laman kesehatan, ada tiga cara yang dapat dilakukan orangtua agar anak tidak kecanduan gadget.

Membatasi Penggunaan Gadget

Menggunakan gadget membuat seseorang lupa waktu, termasuk anak-anak. Orangtua dapat membatasi penggunaan gadget maksimal 30 menit setiap kali bermain. Hal ini untuk mengurangi screen time dan mencegah radiasi yang berasal dari gadget.

Tidak Menempatkan Gadget di Kamar Anak

Ketika menempatkan dan menaruh gadget di kamar anak tentu membuat anak berkeinginan untuk memainkan gadget. Orangtua lebih baik menaruh gadget di tempat yang tidak terjangkau oleh anak.

Selain itu, orangtua juga membiasakan tidak menggunakan atau menempatkan gadget ketika anak melakukan aktivitas, seperti sedang makan, mengerjakan pekerjaan rumah, dan waktu tidur.

Mengajak Anak Bermain Bersama

Ketika anak sudah kecanduan gadget, orangtua dapat mengajak anak untuk bermain bersama.
Hal ini dapat mengalihkan anak dari gadget. Melakukan permainan bersama anak selain dapat mengurangi gadget juga bermanfaat untuk mendekatkan ikatan anak dan orangtua.

Ketika anak sudah kecanduan gadget dan orangtua tidak memberikan batasan kepada anak menggunakan gadget, tentu memberikan banyak efek negatif untuk anak.

Salah satunya pada postur tubuh anak. Ketika anak-anak bermain gadget biasanya tidak memperhatikan hal-hal seperti postur, jarak layar, dan kecerahan layar yang memengaruhi penglihatan dan kesehatan.

Selain itu, menatap layar gadget dengan waktu yang lama menimbulkan mata kering, iritasi mata, dan sulit untuk fokus. Hal yang berbahaya saat anak kecanduan gadget, yakni
anxiety disorder atau depresi pada anak, ketika dijauhkan dan dilarang bermain gadget.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler