Sabtu, Juli 20, 2024

Bagus untuk Kesehatan Kulit, Intip Manfaat dari Kedelai Hitam

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Bagus untuk kesehatan kulit, ternyata ada manfaat saat mengonsumsi Kedelai hitam. Kacang-kacangan ini salah satu yang masih populer dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Kedelai hitam sendiri merupakan bahan utama dalam pembuatan kecap yang merupakan salah satu bumbu dapur dan juga penambah citarasa dalam makanan.

Adapula sebagian orang yang mengonsumsi langsung kedelai hitam dengan cara direbus atau digoreng layaknya mengonsumsi kacang kedelai biasa.

Namun, selain berguna sebagai bumbu dapur dan perisa makanan, kedelai hitam ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi.

Melansir dari laman kesehatan, rupanya kedelai hitam mengandung banyak senyawa yang sangat bermanfaat, simak penjelasannya.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kedelai hitam mempunyai kandungan serat pangan yang cukup tinggi. Serat pangan ini yang memiliki peran menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, serat pangan mampu menurunkan kadar gula berlebih dalam darah.

Merawat Kesehatan Jantung

Kedelai hitam selain memiliki kandungan serat juga terdapat kandungan isoflavone. Senyawa ini mempunyai peran merawat kesehatan jantung.

Melansir dari laman yang sama, ketika seseorang mengonsumsi kedelai hitam yang direbus atau dikukus dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah.

Di sisi lain, kandungan isoflavone dalam kedelai hitam mampu meningkatkan produksi kolesterol baik dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Pada kedelai hitam juga terdapat vitamin dan mineral yang mampu mengurangi efek penuaan dan menyamarkan kerutan pada kulit.
Menurut para peneliti dari laman yang sama, kandungan dalam kedelai hitam mampu berperan sebagai anti-aging dan menjaga elastisitas kulit. Hal ini membuat kedelai hitam mampu pula mengurangi efek paparan radikal bebas pada kulit.

Kandungan dari kedelai hitam lainnya seperti, asam fitat, lesitin, dan serat dalam kedelai hitam dapat membantu menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti hipertensi, hiperkolestrol, diabetes melitus dan diyakini mampu pula menurunkan risiko kanker.

Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengonsumsi kedelai hitam. Ketika seseorang mengonsumsi kedelai hitam, secara tidak langsung akan menerima manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi kedelai hitam.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler