Senin, Mei 27, 2024

Batita Tantrum Akibat Gadget, Coba 5 Tips Mencegah Batita Kecanduan Gadget

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Batita tantrum akibat gadget, para orangtua tidak perlu khawatir karena ada lima tips mencegah batita Kecanduan gadget. Di era serba digital ini, gadget tentu menjadi hal penting dan tidak terpisahkan.

Saat orangtua selalu menggunakan gadget, tanpa sadar batita mulai tertarik dengan gadget karena melihat orangtua menggunakan barang tersebut.

Ketika orangtua sibuk dengan pekerjaan, untuk mengawasi batita untuk tidak melakukan hal berbahaya, salah satunya mengalihkan batita dengan menggunakan gadget.

Sayangnya, penggunaan gadget pada batita yang berlebihan ini menyebabkan kecanduan dab dapat berdampak negatif pada perkembangan anak.

Melansir dari berbagai laman kesehatan, ada lima tips mencegah batita kecanduan gadget yang dapat dilakukan oleh orangtua.

Memberikan Contoh yang Baik

Orangtua adalah contoh serta panutan untuk anak, termasuk batita. Saat orangtua sering menggunakan gadget, batita juga meniru yang dilakukan oleh orangtua. Oleh karena itu, orangtua juga membatasi penggunaan gadget saat bersama anak.

Menetapkan Aturan dan Batas Waktu Menggunakan Gadget

Saat batita sudah mulai meminta untuk memainkan gadget, para orangtua dapat memulai menetapkan aturan dan batas waktu menggunakan gadget.

Seperti, memperbolehkan anak menggunakan gadget selama 30 menit per hari. Orangtua juga dapat memberikan aturan lebih detail, seperti hanya boleh menggunakan gadget di pagi hari atau di malam hari.

Jadilah Teman Bermain Anak

Pada dasarnya batita memerlukan waktu bermain bersama lebih banyak. Oleh karena itu, orangtua setidaknya meluangkan waktu untuk bermain bersama anak tanpa gadget.

Hal ini akan membuat batita merasa lebih dekat dengan orangtua dan orangtua juga bisa mengurangi ketergantungannya pada gadget.

Memberikan Alternatif Aktivitas yang Bermanfaat

Saat batita tantrum karena kecanduan gadget,
orangtua dapat memberikan alternatif untuk melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat, seperti bermain, membaca, atau berolahraga. Hal ini akan membantu batita untuk tidak terlalu bergantung pada gadget.

Mengawasi Penggunaan Gadget

Ketika batita menggunakan gadget, orangtua wajib mengawasi penggunaan gadget. Selain itu, orangtua juga wajib mengingatkan batas waktu menggunakan gadget.

Orangtua dapat memasang aplikasi kontrol orangtua untuk memantau penggunaan gadget anak. Selain itu, para orangtua juga bisa mencoba untuk duduk bersama anak ketika sang buah hati menggunakan gadget.

Selain itu, orangtua juga dapat menceritakan kepada batita mengenai bahaya kecanduan gadget, seperti gangguan tidur, masalah kesehatan, dan masalah sosial dengan cara mendongeng.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler