Selasa, Februari 27, 2024

Berikut Jadwal Debat Capres Ke-5 Tahun 2024

Editor:Hasby Agni

Nasional, Jabarupdate: Debat kelima Pilpres tahun 2024 yang akan berlangsung pada Minggu (4/2/2024), tepatnya pukul 19.00 WIB menjadi momentum terakhir bagi para calon presiden (capres) dalam menyampaikan gagasannya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan debat capres 2024 sesuai dengan Pasal 50 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024.

Debat capres 2024 yang akan digelar pada Minggu (4/2/2024) tepatnya pukul 19.00 WIB ini merupakan debat terakhir bagi para capres.

Melansir detikNews, August Mellaz selaku Komisioner KPU RI menyampaikan bahwa debat pilpres kelima akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

“Debat kelima akan bertempat di Jakarta Convention Center Jakarta, yang akan tersaji di sejumlah siaran TV yaitu TVOne, Net TV dan ANTV,” kata August Mellaz pada Rabu (31/1/2024).

Sebelumnya, tema yang diangkat pada debat pilpres keempat berhubungan dengan infrastruktur, perekonomian, serta kesejahteraan sosial.

Sedangkan pada debat capres 2024 kelima kali ini, tema yang diangkat yakni terkait Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), serta Ketenagakerjaan.

Berdasarkan keterangan dari KPU, dalam jalannya debat cawapres 2024 terdapat 6 segmen.

Segmen pertama, berisi penyampaian visi misi serta program kerja, dengan batas durasi maksimal 4 menit.

Segmen 2, 3, 4 juga 5 berisi pendalaman visi misi, serta program kerja. Sejumlah pertanyaan akan diajukan oleh moderator, dan peserta debat bisa menjawab dengan batas waktu 2 menit.

Kemudian, peserta debat yang lainnya akan saling menanggapi. Untuk menanggapi dan juga menjawab tanggapan, diberi waktu masing-masing 1 menit.

Dan untuk segmen ke-6 adalah Penutup (closing statement). Para peserta debat atau masing-masing capres akan menyampaikan pernyataan penutup.

August menjelaskan pihaknya akan mempertimbangkan terkait penambahan waktu pada segmen keenam.

“Tetap dibagi 6 segmen. Sempat ada usulan bagaimana kalau ada penambahan khusus di segmen keenam yang sebelumnya 2 menit disamakan dengan segmen penyampaian visi misi yaitu 4 menit. Itu nanti kami pertimbangkan di tingkat pimpinan,” ucapnya.

August menambahkan, pihaknya punya total alokasi waktu 150, sedangkan 120 menit dipakai untuk segmen on air.

Moderator Debat Capres 2024 Kelima

Dua moderator yang akan memandu jalannya debat capres 2024 terakhir nanti adalah Andromeda Mercury bersama Dwi Anggia.

“Nah untuk moderator pada debat kelima tanggal 4 Februari nanti sudah kami tetapkan yaitu Andromeda Mercury dengan Dwi Anggia dari TVOne,” ucap August.

Bagi masyarakat yang hendak menyaksikan debat capres antara Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, bisa disaksikan di sejumlah siaran TV yaitu ANTV, TVOne, dan Net TV.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler