Sabtu, Juli 20, 2024

Bey Machmudin dalam Hari Lanjut Usia Nasional: Semoga Sehat Bahagia dan Sejahtera

Editor:Hasby Agni

Jawa Barat, Jabarupdate: Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) adalah perayaan yang bertujuan untuk menghargai peran dan semangat para lanjut usia yang berkontribusi dalam pemajuan dan pembangunan bangsa. Pejabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyempatkan diri untuk menghadiri peringatan HLUN Tingkat Provinsi Jawa Barat yang ke-28 di Gedung Sate, Kota Bandung, pada hari Rabu, 19 Juni 2024.

Dalam acara tersebut, Bey berkesempatan untuk memberikan sambutan. Ia mengatakan bahwa lansia adalah sumber pengetahuan dan inspirasi bagi anak muda di dalam sambutannya.

“Para lansia merupakan sumber inspirasi, pengetahuan, dan pengalaman bagi generasi muda,” ujar Bey Machmudin saat memberikan sambutan.

Bey menyampaikan apa itu arti menghormati dan merawat lansia dalam acara yang diberi tema “Nu Anom Rumawat, Nu Sepuh Harebat” tersebut. Ia menekankan bahwa anak muda harus mampu merawat dan menghormati para lansia.

“Merawat berarti memberikan kasih sayang, perhatian, dan bantuan kepada para lansia, sedangkan menghormati berarti meenghargai jasa, pengalaman, dan kebijaksanaan para lansia,” ucap Bey, dilansir dari laman jabarprov.go.id.

Keluarga dari para lansia juga diminta untuk menemani dan merawat para lansia. Bey berharap jangan sampai ada lansia yang saat ini dan ke depannya menjadi pencari nafkah utama bagi keluarga.

“Intinya, saya ingin jika mereka (lansia) bekerja hanya untuk mengisi kegiatan, tapi jangan sampai menjadi tulang punggung keluarga. Ini masih banyak (lansia) yang menjadi tulang punggung keluarga. Saya sangat prihatin dan sedih,” kata Pejabat Gubernur Jawa Barat tersebut.

Mengingat banyaknya lansia yang masih bekerja, Bey meginformasikan bahwa Jabar berada di peringkat keempat berdasarkan data nasional. Data nasional menunjukkan bahwa masih ada 5,7 juta lansia yang bekerja pada bulan Maret 2022.

“Jabar dari data itu, kita keempat. Jadi, masih banyak lansia yang bekerja. Sektor formal itu hanya sedikit, 20 persenan. Sisanya pada sektor informal, seperti wirausaha warung dan butuh tani,” ucap Bey Machmudin.

Di akhir sambutannya, Bey mengharapkan para lansia tetap sehat, bahagia, dan sejahtera. Selain itu, ia mengajak untuk menjadikan Jabar sebagai daerah yang ramah terhadap lansia.

“Kepada para lansia, semoga sehat, bahagia, dan sejahtera. Mari kita bangun Jabar ramah lansia,” tutup Bey Machmudin.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler