Senin, Mei 27, 2024

Disdukcapil Ciamis Menuai Pujian atas Pelayanan Berkualitas pada Warga Disabilitas

Ciamis, Jabarupdate: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis mendapat sorotan positif dari sejumlah warga Tatar Galuh ini, kinerjanya menuai pujian.

Sanjungan kepada lembaga pemerintahan yang bertanggung jawab atas administrasi kependudukan ini tidak lain karena transformasi signifikan dalam pelayanan yang diberikan kepada warga.

Salah satu faktor utama dalam pujian ini adalah pendekatan yang lebih ramah dan cepat dari Disdukcapil Ciamis dalam menangani kebutuhan administrasi penduduk.

Sebuah inovasi baru yang menarik perhatian adalah program “Jemput Bola” yang diluncurkan oleh lembaga ini.

Program ini memungkinkan petugas Disdukcapil untuk mengunjungi langsung rumah penduduk yang membutuhkan layanan administrasi, menghilangkan hambatan dan memudahkan akses masyarakat terhadap layanan tersebut.

“Kami merasa senang dengan pelayanan yang baik dari Disdukcapil Ciamis. Mereka tidak hanya memberikan solusi, tetapi juga datang langsung ke rumah kami untuk memastikan kebutuhan kami terpenuhi dengan baik,” ujar Surya (68) salah seorang warga yang merasakan manfaat langsung dari program “Jemput Bola”.

Tidak hanya pendekatan yang lebih ramah, tetapi pula kecepatan dalam menyelesaikan proses administrasi menjadi salah satu poin penting yang membedakan layanan Disdukcapil Ciamis.

Warga mencatat bahwa waktu tunggu mereka berkurang secara signifikan, memberi mereka kemudahan yang lebih besar dalam menyelesaikan keperluan administrasi tanpa mengorbankan waktu berharga mereka.

Program inovatif lainnya adalah memberikan pelayanan administrasi (Adminduk) yang lebih dekat dan mudah diakses bagi warga disabilitas.

Apresiasi juga datang dari Bidang Hukum Lingkaran Intelegensia Institute (LIN) Asep Ahmad Muzakky. Dia menilai, Disdukcapil Ciamis cukup berhasil dalam menyediakan layanan inklusif tersebut.

Dia juga menggarisbawahi pentingnya langkah proaktif dalam mengakomodasi kebutuhan khusus warga disabilitas dalam layanan publik.

Menurutnya, program “Jemput Bola” sendiri dianggap sebagai contoh nyata upaya konkret yang bisa diadopsi oleh lembaga pemerintah lainnya untuk menciptakan layanan yang lebih ramah dan mudah diakses bagi semua lapisan masyarakat.

“Langkah Disdukcapil Ciamis menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam memberikan pelayanan publik yang inklusif dan peduli terhadap kebutuhan masyarakat, terutama warga disabilitas,” kata Asep Ahmad pada Kamis (23/11/2023).

Program ini sejalan dengan semangat untuk menciptakan akses yang lebih merata dalam memberikan pelayanan administrasi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler