Selasa, April 16, 2024

Festival Kaulinan Lembur KCD XIII Jabar Pecahkan Rekor

Ciamis, Jabarupdate: Pelaksanaan Festival Kaulinan Lembur Kantor Cabang Dinas atau KCD XIII Jabar berhasil pecahkan rekor dari Original Rekor Indonesia (ORI).

Festival egrang yang digelar di Astana Gede Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis pada akhir Oktover 2022 lalu, diikuti oleh siswa dari SMA/SMK wilayah Ciamis, Banjar, Pangandaran.

ORI mengeluarkan rekor pada acara itu atas kolaborasi seni budaya dan kaulinan anak dengan peserta terbanyak.

Kepala Cadisdik Wilayah XIII Hendra mengatakan, saat gelaran Festival Egrang berlangsung, hadir 1.000 siswa lebih.

Ia mengungkapkan, saat Festival Egrang semua siswa fokus pada permainan ini. Bahkan sebelum acara dimulai pun anak-anak pelajar terlihat berlatih.

Ketika itu, lanjut dia, tidak ada siswa yang hanya diam bermain gadget. Dari pengalamannya itu, ia yakin kaulinan lembur terbukti membuktikan efektif mengurangi ketergantungan gadget.

KCD XIII Jabar Terapkan Kaulinan Lembur pada Kurikulum Muatan Lokal

Hendra mengungkapkan, pihaknya menerapkan kaulinan lembur atau permainan daerah di setiap sekolah.

Dengan begitu, para siswa didorong untuk mengetahui bahkan menguasai berbagai macam kaulinan lembur. Ia meyakini, kaulinan lembur efektif dalam menghindari ketergantungan terhadap gadget.

Hendra juga menyampaikan bahwa kaulinan lembur menjadi salah satu sarana untuk membangun karakter bangsa pada setiap siswa. Maka KCD XIII Jabar menerapkan pada kurikulum muatan lokal di sekolah di Jabar.

Ia menegaskan, kaulinan lembur diterapkan di sekolah dengan harapan siswa tidak hanya pintar. Namun juga mereka berbudaya lokal.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler