Senin, Mei 27, 2024

Festival Layang Lakbok kembali Digelar, Penuh Kegembiraan dan Atraksi Menakjubkan

Ciamis, Jabarupdate: Festival layang Lakbok 2023 sukses digelar dengan meriah setelah mengalami kevakuman akibat pandemi Covid-19.

Event tahunan yang diselenggarakan di area persawahan Blok Kuntul, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis ini berlangsung selama tiga hari mulai 20-22 Oktober 2023.

Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis berhasil menyelenggarakan kegiatan ini dengan melibatkan Yayasan Masyarakat Pematang Sawah X Pokdarwis Sindur Luhur yang menyumbangkan gagasan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Hingga acara tersebut dapat menciptakan momen berkesan dan meriah bagi penduduk setempat dan pengunjung dari berbagai daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia didampingi Kepala Bidang Pemasaran Ginanjar Rahayu S.Ip., menyampaikan bahwa dalam pelaksanaannya, event tersebut mengadakan kompetisi layangan tradisional dengan skala nasional. Pasalnya melibatkan Perkumpulann Pelayang Seluruh Indonesia (Pelangi).

Ia juga mengatakan, Festival Layang Lakbok 2023 ini mengusung tema Galuh Kite Fest Road To Muri 2024, dengan peserta yang hadir memeriahkan kegiatan tersebut sebanyak 3.000 peserta dari 17 provinsi se-Indonesia.

Pada hari pertama tepatnya Jumat 20 Oktober 2023 dibuka dengan kegiatan helaran, sawal pertanian, dan beberapa hiburan seperti angklung, degung, janeng dan kuda lumping.

Kemudian, di hari kedua pada Sabtu, 21 Oktober 2023 acara dimeriahkan dengan pentas seni Domba, seni bela diri, Pencak Silat, solo akustik, orkestra pematang sawah, penampilan Hadroh Nurul Hidayah dan grup akustik semi modern.

Lalu, pada Minggu, 22 Oktober 2023 sekaligus hari terakhir dari Festival Layang Lakbok ini diakhiri dengan Kompetisi Layangan Aduan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menampilkan potensi alam persawahan, kuliner dan kesenian khas Lakbok.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, Ginanjar berharap mampu untuk memberikan citra positif Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis pada dunia luar.

Serta, lanjut dia, dapat mengajak elemen masyarakat setempat untuk berintegrasi dan berkolaborasi dalam karya nyata.

Festival Layang Lakbok, yang telah menjadi bagian integral dari budaya daerah. Event ini juga menawarkan pengalaman kuliner khas daerah dan stan hiburan untuk semua anggota keluarga.

Pengunjung dapat menikmati makanan lezat, mendengarkan pertunjukan musik live, dan mengikuti berbagai permainan tradisional.

Kegiatan ini juga telah memberikan dorongan positif pada sektor pariwisata di Ciamis, karena mengundang wisatawan dari berbagai daerah untuk merasakan pesona dan kegembiraan event tersebut.

Dengan sukses penyelenggaraan festival ini, Dinas Pariwisata Ciamis terus mempromosikan budaya lokal sambil menciptakan kenangan indah untuk semua peserta yang hadir.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler