Sabtu, Februari 24, 2024

Garut Banjir, Pemkab Tetapkan Masa Darurat Selama 14 Hari

Garut, Jabarupdate: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Garut sejak Jumat (15/7/22) dari petang sampai malam, mengakibatkan delapan kecamatan terkena dampak banjir.

Penyebab banjir adalah Sungai Cimanuk dan anak sungainya meluap. Delapan kecamatan yang terendam banjir yakni Cilawu, Cikajang, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Karangpawitan, Garut Kota, Cibati, dan Banyuresmi.

Atas adanya bencana tersebut, Pemerintah Kabupaten Garut menetapkan status masa tanggap darurat bencana selama 14 hari, sejak 16-29 Juli 2022.

Satriabudi selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut mengatakan, dampak bencana tersebut masih didata oleh petugas di masing-masing wilayah .

“Secara teknis. Kita akan menerima laporan dari pihak terkait. Yang terdapat di setiap kecamatan tersebut. Sampai hari ini garut masih diguyur hujan Sabtu (16/7/2022),” ucap Kepala Pelaksana BPBD Garut.

Dia menambahkan, yang dilakukan oleh BPBD Garut saat ini adalah fokus menyelamatkan warga.

“Pada Jumat malam, kita telah melakukan evakuasi warga di Kampung Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut,” tambah Satriabudi.

Satriabudi menjelaskan, pihaknya melakukan tugas tersebut sesuai dengan instruksi pimpinan untuk fokus pada penyelamatan.

“Kami berharap data korban, kerugian dan infrastruktur yang terdampak banjir dari kecamatan sudah terkumpul,” jelas Satria Budi.

Selain perkampungan dan jalan raya, Ia menuturkan, genangan banjir sempat melanda jalur kereta api sampai ke Stasiun Garut.

“Jalur Kereta Api (KA) sempat tertutup oleh banjir. Namun pihak KAI (Kereta Api Indonesia) sudah berupaya menetralkannya lagi. Saya tadi lihat kereta sudah beroprasi lagi dari stasiun,” ujarnya.

Akun instagram @infogarut merepost bencana banjir dari netizen di sejumlah titik bencana. Kebanyakan banjir melanda wilayah perkotaan akibat luapan sungai.

Akun tersebut menuliskan, bahwa laporan warganet, sebanyak delapan wilayah kecamatan di Garut terdampak banjir. Dan sungai cimanuk tetlihat meluap.

“Beberapa daerah yang terdampak malam ini diantaranya Dayeuhandap, Sukadana, Cilawu dan Sumbersari,” tulis postingan akun tersebut.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler