Senin, Mei 27, 2024

Gerakan Perubahan Tanpa Calo KTP, Disdukcapil Ciamis Bikin Aplikasi SILANCAR

Ciamis, Jabarupdate: Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuat gebrakan baru yang berani dalam memerangi peran calo KTP.

Mereka membuat Aplikasi Silancar untuk meningkatkan layanan administrasi kependudukan dan secara efektif memberantas praktik calo.

Kepala Disdukcapil Ciamis Ciamis Yayan Supyan, AP., S.Ip., MM menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi ini masyarakat yang di daerah pun tak perlu jauh-jauh ke Ciamis untuk mengurus dokumen kependudukan.

“Kami meluncurkan aplikasi SILANCAR sejak Mei 2023 lalu. Harapannya strategi ini dapat menekan calo KTP, selain itu kami juga ingin memudahkan masyarakat dalam membuat administrasi kependudukan,” kata Yayan baru-baru ini.

Menurutnya, masyarakat bisa membuat administrasi kependudukan dari rumah. Hanya melalui Handphone mereka dapat memohon pelayanan berupa akte lahir, atau akta kematian dan lainnya.

“Nggak usah jauh-jauh datang ke kantor di Ciamis. Gak perlu pakai calo dan uang transportasi juga, cukup dari rumah,” ujar Yayan.

Ia menjelaskan, keberadaan calo dalam pembuatan dokumen kependudukan membuat masyarakat cenderung apatis terhadap masalah administrasi kependudukan.

“Ini menilik dari realita yang ada. Maka Disdukcapil Ciamis meluncurkan aplikasi SILANCAR,” tutur Yayan.

Dia menambahkan, SILANCAR juga bisa untuk pengaduan atau konsolidasi, perpindahan, kedatangan, perubahan data, cetak KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian dan Akta Hilang atau Rusak, serta lainnya.

“Adanya SILANCAR ini. Masyarakat tidak perlu berjejal di kantor Disdukcapil Ciamis. Jika ingin mengurus dokumen bisa langsung secara online. Dan secara offline atau langsung di tiap kecamatan yaitu di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis ini, masyarakat dapat bisa direkam dan dicetak KTP-nya langsung,” ungkap dia.

Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik, Disdukcapil Ciamis tidak sekadar berhenti pada perubahan prosedur internal.

Mereka merancang SILANCAR sebagai wujud konkret dari gerakan perubahan tanpa calo KTP. Aplikasi ini bukan hanya sekadar alat administratif, melainkan senjata ampuh dalam memerangi peredaran KTP ilegal yang melibatkan calo.

Yayan mengungkapkan bahwa program pelayanan online SILANCAR dapat diakses dengan mudah via website https: //silancar.ciamiskab.go.id/ .

Kemudian, apabila mengalami kesulitan untuk masuk ke aplikasi SILANCAR, masyarakat dapat menghubungi nomor pelayanan Disdukcapil Ciamis, 081220540312 atau 082123404949.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler