Minggu, April 14, 2024

Hj. Kania: Batik adalah Warisan Budaya dan Simbol Keberagaman

CIAMIS, Jabarupdate: Dalam rangakaian event Ciamis Creative Festival (CCF) 2023, pada Jumat (02/6) telah digelar Lomba Pasanggiri Busana Batik.

Kegiatan yang dilaksanakan di area halaman Islamic Centre Ciamis ini menarik animo masyarakat Kabupaten Ciamis. Ada dua kategori yang dilombakan, pertama kategori umum, kedua, kategori perwakilan setiap SKPD di Kabupaten Ciamis. 

Hj. Kania Ernawati Herdiat, selalu Ketua Dekranasda Kabupaten Ciamis mengatakan jika batik merupakan warisan budaya Indonesia yang luar biasa.

“Melalui kegiatan ini kita bisa melihat busana batik merupakan sesuatu yang tak ternilai, menjadi salah satu warisan budaya yang kaya akan sejarah dan beragam,” ungkapnya dalam sambutan.

Hj. Kania melanjutkan bahwa Kabupaten Ciamis memiliki beberapa jenis batik seperti batik Ciamis Galuh Pakuan, Ciung Wanara, dan Rawa Onom.

Menurutnya, Lomba Pasanggiri Busana Batik begitu istimewa, sebab keindahan budaya dan kreativitas bersatu dalam satu panggung.

Hj. Kania kembali memaparkan jika batik telah menginspirasi banyak perancang busana sehingga menarik perhatian dunia Internasional.

“Batik bukan hanya sekedar kain, tapi juga merupakan buah dari keterampilan dan para seniman yang menghasilkannya,” paparnya.

Terakhir, beliau berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat mengangkat keindahan dan keunikan batik sampai ke dunia Internasional.

“Mari kita perlihatkan bahwa batik bukan hanya sekedar warisan masa lalu, tetapi juga merupakan bagian penting dari masa depan fashion,” ungkap Hj. Kania.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler