Hydrant Pasar Banjarsari Ciamis Tak Berfungsi, Petugas Kesulitan Padamkan Api

Pasar Banjarsari Ciamis
Pasar Banjarsari Ciamis Kebakaran/Tangkapan Layar

Ciamis, Jabarupdate: Kebakaran terjadi di Pasar Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis pada Rabu (28/9/2022) dini hari.

Peristiwa ini menghanguskan puluhan Kios di blok B Pasar Banjarsari.

Menurut informasi yang dihimpun Jabarupdate, pada Selasa (27/9/2022), sekitar pukul 23.15 WIB, dua orang yang sedang piket ronda malam di Pasar Banjarsari mendengar suara letusan.

Mereka menduga suara letusan dari sebuah lampu yang ada di salah satu kios blok B pasar tersebut.

Dari ledakan tersebut, diduga menimbulkan percikan api yang membuat kios blok B itu terbakar hebat.

Petugas mengetahui ada api yang membesar dan menjalar ke kios lainnya langsung melaporkan kepada petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Banjarsari dan kepolisian.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB. Ternyata, proses pemadaman api yang membakar Pasar Banjarsari Ciamis itu dirasa sulit dan lamban karena tidak berfungsinya hydrant air di kompleks bangunan pasar.

Hal tersebut diungkapkan Petugas Damkar Banjarsari Ciamis Dikri Nur Denatama kepada Detikcom yang dikutip Jabarupdate pada Rabu (28/9/2022).

Dikri menyebut ada beberapa kendala saat ia bertugas memadamkan api di Pasar Banjarsari. Yakni, tidak berfungsinya Hydrant di sana.

Selain itu, ia bersama petugas lain pun merasa suli dalam memadamkan api lantaran akses jalan yang sempit.

Dia mengungkapkan, dalam memadamkan api, petugas Damka menerjunkan 6 unit mobil Damkar.

Mobil itu didatangkan dari Kecamatan Rancah, Kawali, Mako Damkar Ciamis sebanyak dua, dan Banjarsari dua. Ditambah dan dua unit mobil milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis.

Setelah menerjunkan delapan unit mobil untuk memadamkan api di Pasar Banjarsari Ciamis, pada pukul 02.20 WIB, si jago merah mulai berhasil dipadamkan.

Kemufian, dilakukan pendinginan hingga api benar-benar padam pukul 04.00 WIB.

54 Kios Pasar Banjarsari Ciamis Hangus Terbakar

Dalam keterangannya, Dikri mengatakan bahwa jumlah kios yang terbakar sebanyak 54. Itu baru data sementara.

Ia menyebut, belum mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut. Dan saat ini, tempat kejadian di lokasi pasar sudah dipasang garis polisi.

Video Kebakaran Pasar Banjarsari

Video peristiwa kebakaran di Pasar Banjarsari beredar, terlihat si jago merah melalap sejumlah kios di sana hingga hangus.

Dalam salah satu video, seorang yang merekam peristiwa itu menyebutkan bahwa api melalap kios di Blok B Pasar Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

“Lokasi kebakaran berada di tengah-tengah Blok B. Kebakaran, kebakaran,” ujar pria yang merekam peristiwa kebakaran tersebut.

Video tersebut beredar sekitar pukul 00.50 WIB., tampaknya di lokasi kejadian sudah ada petugas pemadam kebakaran.

Namun, disebutkan bahwa, mereka sedang kesulitan untuk bergerak lantaran aliran listrik di pasar belum dimatikan.

Seorang petugas pemadam kebakaran yang ada di video itu menyebutkan, aliran listirk di pasar tersebut terlebih dahulu hatus dimatikan sebelum petugas bergerak memadamkan api, karena berbahaya.

Meskipun begitu, ia menjelaskan, pihak pemdam telah berkoordinasi dengan PLN agar mematikan aliran listrik di lokasi kejadian.

Selain petugas pemadam kebakaran, terlihat di lokasi juga sudah ada Anggota TNI dan Polri. Sementara, di kios lain yang dekat dengan api, terlihat para pedagang sedang membereskan dagangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
Pasar Banjarsari Ciamis

Pasar Banjarsari Ciamis Kebakaran, Sejumlah Kios Hangus

Next Article
Hari Agraria dan Tata Ruang

Momentum Hari Agraria dan Tata Ruang, Percepat Program PTSL di Kuningan

Related Posts
Total
0
Share