Senin, Juni 17, 2024

J Resources Bersihkan Sungai di Sulawesi Utara Lewat Ajang Coastal Clean Up

PT J Resources Asia Pasifik,Tbk (PSAB) lewat anak usahanya PT Arafura Surya Alam (ASA) dan PT J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) melaksanakan kegiatan bersih sungai Ongkobu dan pesisir pantai di Kotabunan, Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.

Agenda tersebut merupakan bagian dari Kegiatan Coastal Clean Up 2023 yang digagas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kedua anak perusahaan PSAB terpilih bersama 110 perusahaan lainnya untuk melakukan kegiatan kebersihan di 139 titik di seluruh Indonesia.

Dari kegiatan ini berhasil dikumpulkan sampah sebanyak 982 kilogram dengan rincian 577 kilogram sampah anorganik, dan 405 kilogram adalah sampah organik. Untuk membuat Coastal Clean Up semakin semarak, PT ASA juga menggelar kegiatan perlombaaan yang melibatkan mitra kerja dan siswa sekolah di lingkar tambang.

“Ini merupakan suatu yang spesial bagi kami karena PT Arafura Surya Alam dan PT J Resources Bolaang Mondow dipilih oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk melakukan aksi bersih sungai Ongkobu dan pesisir pantai,” ungkap Kepala Teknik Tambang PT ASA, Yusransyah melalui keterangan resminya, Selasa (13/6)

Menurutnya, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai bagian dari penerapan good mining practice, prinsip penambangan yang memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Tujuan kegiatan bersih sungai dan pesisir, sambung Yusransyah, sebagai bentuk komitmen PT ASA terhadap pengurangan polusi plastik di site Doup, meningkatkan kepedulian terhadap pengelolaan lingkungan hidup di sekitar pertambangan, meningkatkan peran aktif seluruh pekerja perusahaan, mitra kerja, dan pemangku kepentingan.

Tak hanya itu, PT ASA juga ingin mengajak sekaligus memberikan pengetahuan kepada seluruh pelajar di sekitar tambang dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Boltim Bapak Sjukri Tawil mengatakan, area yang dipilih dalam ajang Coastal Clean Up di Kotabunan ini, sangat cocok lantaran menjadi bagian pemantauan lingkungan PT ASA.

“Lokasi kegiatan sekarang sangat tepat karena termasuk ke dalam titik pemantauan lingkungan perusahaan. PT ASA sangat komitmen dalam melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan berdasarkan regulasi dari pemerintah,” ungkap Sjukri.

Sebagai informasi, kegiatan Coastal Clean Up yang berlangsung sejak dari pagi hingga siang itu, diikuti oleh 220 orang peserta. Selain karyawan dari anak usaha PSAB, ada beberapa perusahaan dan instansi yang terlibat, yakni :

1. PT Truba Jaga Cita

2. PT Transcontinent

3. PT Karya Multi Prima

4. PT Therama Electra

5. PT Medika Plaza

6. PT Multi Berkat Sukses Sejahtera

7. PT Truba Garda Piranti

8. PT Intraco Penta Wahana

9. PT Mawar Sharron Kuisin

10. PT Sumagud Sapta Sinar

11. PT Adil Makmur Sentosa

12. PT Energy Logistic

13. PT Tribers Usaha Bersama

14. PT Group 4 Securicor

15. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

16. Pemerintah Kecamatan Kotabunan

17. Perwakilan Pimpinan Pelabuhan Kotabunan

18. Pelajar SMK Negeri 1 Kotabunan

19. Pelajar SMP Negeri Daerah Kotabunan

20. Kepolisian Sektor Kotabunan

21. Komando Rayon MiliterKotabunan

22. Karang Taruna dan masyarakat lokal.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler