Minggu, Juli 21, 2024

Kekurangan Kalsium? Ini 2 Jenis Buah yang Cocok Dikonsumsi Ibu Hamil

RagamJabarupdate: Ibu hamil kekurangan kalsium, ternyata ada dua buah yang cocok untuk bumil consumes karena banyak kandungan kalsiumnya. Saat ini, seperti yang diketahui sumber kalsium, susu mungkin merupakan yang paling populer.

Ternyata saat bumil mengonsumsi buah, pada buah juga mengandung kalsium. Bahkan tidak hanya kalsium, buah-buahan ini juga kaya akan antioksidan, serta vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu hamil.

Seperti yang diketahui, janin pada kandungan membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

Kalsium juga diperlukan karena berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan jantung, saraf, dan otot janin.

Tidak hanya untuk janin, kalsium pun berperan dalam mengurangi risiko terjadinya hipertensi dan preeklamsia pada ibu hamil.

Melansir dari laman kedokteran, ada dua buah yang banyak kandungan kalsiumnya, mari simak penjelasannya.

Kurma

Biasanya ibu hamil pasti mempunyai keinginan untuk mengonsumsi makan manis-manis.
Selain kue atau coklat, bumil dapat mencoba camilan sehat, seperti kurma.

Selain manisnya alami, kurma juga termasuk buah yang mengandung kalsium untuk ibu hamil. Kandungan kalsiumnya mencapai 39 mg untuk 100 gram atau sekitar 13 buah kurma. Mengidam makanan manis terpenuhi, begitu pun dengan kebutuhan kalsium harian.

Jeruk

Buah yang banyak manfaatnya ini, ternyata
tinggi akan kalsium. Saat mengonsumsi satu jeruk ukuran sedang, terkandung 45–50 mg kalsium.

Jika ingin kalsium yang lebih tinggi lagi, Bumil bisa mengonsumsi jus jeruk yang sudah difortifikasi.

Buah ini pun dilengkapi dengan serat yang bisa mengatasi sembelit, serta antioksidan untuk mencegah masalah kesehatan saat hamil, contohnya diabetes gestasional.

Masih melansir dari laman yang sama, menurut para dokter, kebutuhan kalsium ibu hamil adalah 1400 mg per hari.

Selain dari buah-buahan, asupan kalsium ini bisa dipenuhi secara alami dari makanan yang kaya akan kalsium seperti, ikan teri, sayuran hijau, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

Penting juga untuk mengonsumsi suplemen kalsium sesuai dosis yang tepat. Hal ini karena kelebihan kalsium bisa memicu terbentuknya batu ginjal serta menghambat penyerapan zinc dan zat besi di dalam tubuh.

Oleh karena itu, untuk para bumil jangan terlalu berlebihan mengonsumsi kalsium, konsumsi juga makanan yang mengandung zat besi, zinc, vitamin, dan yang lainnya. Hal ini untuk memaksimalkan tumbuh kembang janin.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler