Senin, Maret 4, 2024

Kelompok Milenial Siap ‘Back Up’ Erick Thohir Jadikan Indonesia sebagai Pusat Ekonomi di Asia Tenggara

Nasional, Jabarupdate: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan bahwa Indonesia mendukung kawasan Asia Tenggara menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

Menyikapi hal tersebut, Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga, Penggerak Milenial Indonesia (PMI), Taufik menilai bahwa Indonesia punya potensi besar untuk menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara.

“Peluang Indonesia untuk menguasai pasar ASEAN dan juga Asia ternyata punya opportunity yang besar, dan caranya saya sepakat dengan Pak Erick, yaitu harus menjadikan Asia Tenggara sebagai pusat perekonomian itu sendiri,” kata Taufik saat memberikan keterangan di kantornya, pada Rabu (3/5/2023).

Lebih lanjut, Taufik menyebut bahwa peluang tersebut dapat dimanfaatkan Indonesia saat secara resmi menjadi tuan rumah pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kran dan peluang Indonesia sudah terbuka. Pada 9-11 Mei 2023 Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan kita harus memanfaatkan momentum tersebut,” tambahnya.

Namun demikian, sejalan dengan yang diungkapkan Erick, Taufik memberikan catatan bahwa dalam KTT ASEAN tersebut, Indonesia tidak boleh mendorong kebijakan globalisasi yang hanya menguntungkan negara-negara maju saja.

“Tetapi harus dicatat, kita tidak boleh mendorong kebijakan globalisasi yang hanya menguntungkan negara-negara maju saja, yang hasil akhirnya akan menekan negara-negara berkembang. Indonesia harus jadi penggerak utama dalam membangun Indonesia Emas 2045 berdasarkan kekuatan sendiri,” pungkasnya.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler