Senin, Mei 27, 2024

Komitmen Tumbuhkan Ekonomi, Akses Perizinan di Ciamis Lebih Cepat dan Mudah untuk UMKM

Ciamis, Jabarupdate: Pemerintah Kabupaten Ciamis terus mengukuhkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan cara mempermudah akses perizinan sebagai solusi baru bagi UMKM.

Bentuk dukungan ini antara lain melalui program kemudahan mendapatkan akses perizinan usaha secara Online Single Submission (OSS) dan peningkatan kualitas produk.

Dengan adanya kepemilikan secara legalitas perizinan usaha dapat memberikan kepastian dan perlindungan hukum kemudian akan mempercepat perluasan pasar melalui kontrak secara legal dengan berbagai lokapasar (marketplace).

Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis H Tatang, M.Pd., menyampaikan bahwa Pemerintah telah merombak sistem  akses perizinan yang lebih cepat dan mudah kepada para pengusaha kecil dan menengah (UMKM) di daerah.

Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri acara pembukaan gerai UMKM di Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis pada Selasa (3/10/2023).

Saat ini, UMKM di Ciamis tidak hanya mengharapkan perubahan, mereka sudah mulai merasakannya. Peluncuran sistem perizinan yang diperbarui memberikan dampak positif yang nyata.

Ia menilai bahwa UMKM menjadi tonggak penting dalam upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk memberikan dukungan yang lebih baik kepada para pelaku usaha di tingkat lokal.

“Para pelaku usaha akan memiliki akses perizinan yang lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan berbagai layanan yang mereka butuhkan, mulai dari pendampingan produksi, pembinaan, pelatihan, pemasaran, hingga perizinan,” Jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP ) mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Ciamis memiliki komitmen untuk memajukan UMKM.

“Kami sudah bersepakat untuk sama-sama komitmen dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif di Ciamis, hal ini dimulai dengan mempermudah perizinan bagi UMKM kami,” kata Rudi.

Salah satu perubahan utama adalah pengenalan sistem akses perizinan online yang memungkinkan pengusaha untuk mengajukan, memantau, dan melacak status perizinan mereka secara elektronik.

Langkah ini bukan hanya mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan akses perizinan, tetapi juga mengurangi birokrasi yang sering kali menghambat pertumbuhan bisnis.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Ciamis juga telah meningkatkan koordinasi antar-lembaga atau organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Ini mengarah pada proses akses perizinan yang lebih terpadu, yang memungkinkan pengusaha untuk mengurus berbagai izin dalam satu titik pusat.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler