Senin, Mei 27, 2024

Kuliner Khas Sunda Ini Ternyata Sudah Go International. Ada Es Cendol dan Surabi

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Ragam kuliner khas Indonesia memang tidak perlu diragukan kelezatannya. Kuliner yang khas dengan cita rasa menggugah selera pasti ada di setiap sukunya, termasuk Suku Sunda.

Bahkan ragam kulinernya ada yang sampai ke mancanegara. Inilah rangkuman daftar kuliner khas Sunda yang sudah merambah Go International.

Es Cendol

Kesegarannya menjadikan cendol sebagai makanan khas Suku Sunda yang sangat nikmat disantap siang hari saat cuaca sedang panas. Bahan baku cendol sendiri adalah tepung beras yang kemudian diolah menjadi bentuk cendol.

Biasanya, cendol disajikan dalam wadah gelas dengan ditambahkan gula dan santan. Mulai dari lima ribu rupiah saja, kamu bisa menikmati kesegaran cendol di Indonesia. Karena di Amerika, cendol dijual dengan harga 1-1,5 USD per porsinya.

Sate Maranggi

Sate Maranggi merupakan kuliner khas Sunda asal Purwakarta yang menggunakan bahan dasar daging domba dan daging sapi. Kelezatan dagingnya sangat khas. Awal mulanya, makanan ini belum banyak diketahui masyarakat.

Kini namanya sudah mendunia bahkan sudah ada di Malaysia dan Amerika. Mulanya, Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi sering memperkenalkan Sate Maranggi ke dalam event event besar berskala nasional maupun internasional.

Surabi

Surabi dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang dimasak di tungku dan wajan tanah liat yang berukuran kecil. Surabi tradisional bagian atasnya dibubuhi dengan oncom atau gula merah. Jajanan ini sangat mudah ditemukan di tanah Sunda.

Sekarang, Surabi sudah banyak model dan topingnya. Mulai dari keju, coklat, strawberry, matcha, dan banyak lagi yang lainnya. Bupati Purwakarta memperkenalkan resep Surabi kepada jurnalis mancanegara hingga akhirnya Surabi dikenal ke beberapa negara lainnya.

Cincau

Sebenarnya asal daerah cincau belum diketahui pastinya, namun di daerah Jawa Barat cincau sangat sering dan mudah ditemukan. Cincau bertekstur kenyal seperti jelly yang dibuat dari daun cincau. Tidak hanya di Indonesia, di Singapura cincau juga menjadi hidangan yang sangat populer.

Rumah Makan Bumbu Desa

Bisnis kuliner ini sudah sangat mendunia hingga tersebar gerainya di beberapa negara. Hingga saat ini gerai nasionalnya berada di kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Di luar negeri, gerainya sudah memasuk Singapura, Malaysia, Australia. Bahkan akan berencana membuka gerai di Amerika dan Eropa. Rumah makan ini menyediakan makanan khas sunda dengan resep turun-temurun.

Demikianlah informasi tentang kuliner khas Sunda yang sudah terkenal hingga mancanegara. Sebagai bangsa Indonesia, kita patut bangga atas ragam kuliner yang mendunia. Kita bisa ikut berkontribusi untuk mempromosikan kuliner Indonesia agar lebih dikenal warga dunia.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler