Senin, Mei 27, 2024

Kumpulan Ucapan Hari Kartini 2024 Terbaru, Sejarah Pejuang Emansipasi Kaum Perempuan Indonesia

Nasional, Jabarupdate: Pada tanggal 21 April 2024, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini 2024. Simak sejarahnya!

Setiap tanggal 21 April memperingati Hari Kartini, salah satu pahlawan Perempuan Indonesia dengan segudang jasa, khususnya bagi para perempuan Indonesia.

Secara resmi Hari Kartini diperingati sejak 2 Mei 1964 saat Presiden Soekarno mengeluarkan Keppres No.108 Tahun 1964.

Melalu aturan tersebut, Soekarno menjadikan R.A Kartini sebagai pahlawan nasional dan menetapkan hari lahirnya, 21 April, sebagai perayaan Hari Kartini.

Sejarah Hari Kartini

Sejarah Hari Kartini bermula dari perjuangan Raden Ajeng Kartini untuk memberikan pendidikan bagi para wanita di Indonesia.

Kartini lahir pada 21 April 1879 dan wafat pada 17 September 1904. Berkat perjuangannya, organisasi-organisasi wanita muncul dan memperingati hari kelahirannya.

Dan salah satu bagian yang paling terkenal dari Kartini adalah sebuah bukunya yang berjudul “Habis Gelap, Terbitlah Terang” yang menceritakan bagaimana perjuangan kaum perempuan di masa lampau.

Pada 2 Mei 1964, Presiden Soekarno menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964.

Ucapan Hari Kartini 2024 Terbaru

Selamat Hari Kartini! Pada tanggal 21 April, kita memperingati sosok Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan nasional Indonesia yang memperjuangkan hak pendidikan dan emansipasi perempuan di masa penjajahan Belanda.

  1. “Tantangan datang dan pergi, tapi percayalah, setelah gelap terbitlah terang.”
  2. “Perjuangan belum berakhir, jadilah Kartini untuk hidupmu dan lingkunganmu. Ayo, wanita Indonesia, selamat Hari Kartini!”
  3. “Marilah kita bermimpi setinggi langit dan selalu jaga semangat Kartini dalam diri kita untuk sukses.”
  4. “Sebelum menemukan kebahagiaan sepenuhnya, terkadang kita harus merasakan kesulitan terlebih dahulu. Selamat emansipasi dan selamat Hari Kartini.”
  5. Mari jadikan perjuangan Kartini sebagai semangat untuk meraih kehidupan yang lebih baik.
  6. Kartini menabur benih ilmu, kita pupuk dengan semangat. Perempuan berpendidikan, bangsa yang bermartabat!
  7. Bersama-sama, kita adalah Kartini-kartini masa kini. Mari kita terus memperjuangkan kesetaraan, pendidikan, dan hak-hak kita dengan semangat Kartini.
  8. Selamat Hari Kartini, Ibuku inspirasiku! Tetaplah jadi terang dalam hidupku. Kartini bukan hanya nama, tapi juga semangat yang membakar di dalam hati kita.
  9. Kartini mendobrak belenggu diskriminasi, mari kita lanjutkan dengan toleransi. Perempuan setara, Indonesia damai!
  10. Kartini merajut persatuan, mari kita pupuk dengan harmoni. Perempuan dan laki-laki, bersama membangun negeri!

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler