Selasa, Februari 27, 2024

Luhut Binsar Pandjaitan Bersuara Mengenai Perkembangan Politik Indonesia

Nasional, jabarupdate: Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) ikut berkomentar tentang perkembangan Indonesia di bidang politik belakangan ini.

Komentar Luhut tersebut dikemukakan melalui video yang diunggah dalam akun media sosial instagramnya @luhut.pandjaitan, pada Sabtu (18/11/2023).

Diketahui sebelumnya bahwa Luhut sudah dirawat intensif selama satu bulan di Singapura. Karena sakitnya, dokter meminta Luhut beristirahat total.

Sampai-sampai tidak diizinkan menerima tamu serta sambungan telepon ketika masa pemulihan.

“Saya sekarang berada di Singapura, sedang proses pemulihan dan butuh beberapa waktu ke depan untuk pulih kembali,” ucap Luhut dalam video yang diunggahnya di akun instagramnya @luhut.pandjaitan pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Menko Luhut yang sekarang masih berada di Singapura menyampaikan, berkaitan dengan politik di Indonesia pada akhir-akhir ini.

Ia meminta kepada semua pihak untuk tidak mudah menjustifikasi seseorang hanya melihat dari kemampuannya saja.

“Jangan kita gampang men-judge orang lain, gampang bilang ingusan lah, penghianat lah, padahal siapa sih yang ingin jadi penghianat,” ujar Menko Luhut.

Luhut menyampaikan, bahwa adanya perbedaan dalam pandangan politik adalah hal yang wajar saja terjadi.

Namun adanya perbedaan dalam pandangan politik tersebut jangan sampai berakhir dendam dan juga permusuhan di antara sesama.

Bahkan, Luhut juga telah mengatakan kepada Purnawirawan TNI untuk tidak ikut di dalam tingginya tensi akibat dari kontestasi politik 2024.

“Saya sampaikan hal itu kepada kawan-kawan saya TNI, bahwa kita harus bersikap dewasa. Rata-rata umur kita sudah 70-an, buat apa coba berantem,” tuturnya.

Luhut menambahkan bahwa kita perlu memberi masukan untuk kemajuan Indonesia di masa mendatang, jangan sampai menorpedo suatu succes story seseorang.

Menurut Luhut, langkah rekonsiliasi dari Joko Widodo dan Prabowo Subianto dapat menjadi contoh agar kondisi politik yang pernah membara pada 2019 bisa diredam.

“Kenapa harus berkelahi? Pak Jokowi telah menunjukkan kebesaran jiwanya, terbukti dari rekonsiliasi dengan prabowo yang terlihat hasilnya sekarang bagus,” pungkas Luhut.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler