Sabtu, Juni 3, 2023

Mengandung Banyak Nutrisi, Begini 8 Manfaat Daun Kelor

RAGAM, Jabarupdate: Daun Kelor atau Moringa Oleifera merupakan jenis tanaman yang tumbuh di daerah trofis. Tanaman kelor memiliki bentuk daun yang berbentuk majemuk.

Sejak dulu, banyak yang memanfaatkan khasiat daun kelor untuk pengobatan tradisional seperti jamu bahkan sampai ritual yang berbau mistis.

Makanya tidak heran, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menobatkan tanaman kelor sebagai miracle tree.

Beberapa penelitian menunjukkan beberapa bagian dari tanaman kelor memiliki manfaat penting untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan.

Mengandung Sumber Nutrisi Penting

Daun kelor mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, potassium, dan protein. Konsumsi daun kelor dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun kelor mengandung senyawa fitokimia seperti flavonoid dan polifenol, yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan magnesium yang terdapat pada daun kelor ternyata penting untuk kesehatan tulang. Mereka membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Daun kelor bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan senyawa antiinflamasi dalam daun kelor juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menyokong Fungsi Pencernaan

Daun kelor memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan infeksi saluran pencernaan. Serat yang terkandung dalam daun kelor juga membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit.

Mengontrol Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Senyawa dalam daun kelor diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur metabolisme glukosa.

Efek Anti-kanker

Daun kelor mengandung senyawa bioaktif seperti glucosinolate dan isotiocyanate yang memiliki sifat antikanker. Mereka dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan melindungi sel-sel sehat dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meskipun daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, penting untuk diingat bahwa ini bukan pengganti pengobatan medis yang diresepkan.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan daun kelor sebagai suplemen atau pengobatan tambahan.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img