Senin, Mei 27, 2024

Menjelajahi Keindahan Tersembunyi Air Terjun Nokan Nayan di Kalimantan Barat

Nasional, Jabarupdate: Air Terjun Nokan Nayan menawarkan pesona alam yang memukau. Terletak di Desa Deme, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang.

Air terjun ini menjulang tinggi dengan ketinggian lebih dari 180 meter, menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang lebat, suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian menciptakan simfoni alam yang menenangkan menjadi pemikat para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Perjalanan Menuju Kemegahan Tanah Seribu Sungai

Beberapa objek wisata memiliki prestise tersendiri termasuk Air Terjun Nokan Nayan, dengan catatan prestise di sini merujuk pada sebuah penaklukan.

Contohnya mendaki gunung Semeru menjadi prestise tersendiri bagi yang pernah menginjakkan kakinya di puncak gunung tertinggi di Jawa.

Akses menuju air terjun Nokan Nayan didominasi oleh jalur sungai dengan arus air yang kuat, maka dari itu selain membutuhkan keberanian dan nyali para traveler juga harus memahami protokol keamanan dan keselamatan saat berada di alam terbuka.

Menempuh perjalanan menuju Air Terjun Nokan membutuhkan waktu selama beberapa jam.

Namun, para wisatawan dapat memangkas waktu dengan menggunakan perahu motor menyusuri Sungai Melawi dan kemudian dilanjutkan dengan trekking melalui hutan belantara.

Meskipun perjalanan menuju Air Terjun Nokan ini cukup melelahkan dan memakan waktu juga biaya.

Namun, semuanya akan terbayar lunas dengan pemandangan yang luar biasa dan pengalaman tak terlupakan.

Aktivitas Menarik di Sekitar Air Terjun Nokan Nayan

Bagi para pecinta alam, trekking di sekitar air terjun merupakan aktivitas yang menyenangkan. Pengunjung dapat menjelajahi hutan hujan tropis dan mengamati berbagai flora dan fauna yang unik.

Di samping itu, pengunjung juga dapat berenang di kolam alami yang terdapat di bawah air terjun atau simply bersantai dan menikmati suasana alam yang tenang dan damai.
Mitos Air Terjun Nokan Nayan

Pesona Air Terjun Nokan Nayan memang tak terbantahkan, namun di balik keindahan air terjun ini tersembunyi kisah-kisah mistis.

Warga setempat mempercayai bahwa air terjun ini adalah tempat berkumpulnya para makhluk halus, dan seringkali menjadi lokasi untuk pelaksanaan ritual adat tertentu.

Oleh karena itu, para wisatawan diwajibkan untuk menghormati kepercayaan serta adat istiadat masyarakat setempat dan tidak melanggar pantangan yang telah ditentukan.

Tak terbatas pada keindahan, Air Terjun yang mempunyai nama lain Lohkan Lonayan ini menyatukan misteri dan sejarah dalam pesona alam yang memukau.

Menutup pembahasan, kita patut menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler