Jumat, Juli 19, 2024

Menurunkan Risiko Penyakit Stroke! Ini 3 Kebaikan Apel untuk Kesehatan

RagamJabarupdate: Menurunkan risiko penyakit stroke, ternyata ada tiga kebaikan apel yang bermanfaat untuk kesehatan. Apel memang terkenal dengan rasa yang enak dan memiliki manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari berbagai laman kesehatan, ternyata ada dua manfaat penting apel untuk kesehatan. Simak ulasannya.

Menurunkan Risiko Penyakit Stroke

Saat seseorang mengonsumsi apel, secara tidak langsung dapat menurunkan risiko penyakit stroke.

Para peneliti mengatakan bahwa saat seseorang mengonsumsi apel secara teratur berhubungan dengan penurunan risiko stroke sebesar 52 persen.

Masih melansir dari laman yang sama, para peneliti mengatakan bahwa makan dua buah apel sehari bisa membantu para peserta penelitian menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menurunkan risiko stroke, ternyata mengonsumsi buah apel dapat menjaga kesehatan jantung.

Masih melansir dari laman yang sama, para peneliti mengaitkan konsumsi apel dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, yang kemungkinan besar terkait dengan manfaat penurun kolesterol dari serat larut yang ditemukan dalam apel.

Selain itu. apel dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol pada lapisan dinding pembuluh darah, sehingga menurunkan kejadian aterosklerosis.

Aterosklerosis merupakan terhambatnya aliran darah di arteri akibat penumpukan plak dan penyakit jantung.

Serat pada apel ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, jelas sekali bahwa serat yang terdapat pada apel bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Menjaga Kadar Gula Darah

Untuk penderita diabetes, tentu masih ada rasa takut mengonsumsi apel karena rasanya yang manis. Tenang, buah apel termasuk yang aman dikonsumsi bahkan untuk penderita diabetes. Oleh karena itu, para penderita diabetes tidak perlu cemas atau takut saat mengonsumsi apel.

Diketahui, serat yang terdapat dalam buah apel membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah sehingga dapat memperbaiki kadar gula darah.

Menurut penelitian, para peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi apel secara teratur bisa membantu mengurangi resistensi insulin dan memperbaiki kadar gula darah serta trigliserida.

Ternyata saat seseorang mengonsumsi apel, banyak manfaat yang dapat dirasakan. Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, apel ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler