Minggu, April 14, 2024

Mini Ranch Sapi Pasundan di Ciamis, Tingkatkan Pengembangan Sapi Lokal

Ciamis, Jabarupdate: Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis membangun sebuah Mini Ranch Sapi Pasundan sejak beberapa tahun lalu di Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis.

Mini Ranch ini bertujuan untuk menjadi tempat pengembangan sapi lokal. Khususnya sapi Pasundan yang merupakan salah satu ras sapi asli Jawa Barat, Indonesia.

Pembukaan Mini Ranch ini juga diharapkan dapat meningkatkan populasi sapi lokal dan mendorong pengembangan peternakan sapi di Tatar Galuh ini.

Tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas modern dan lahan yang luas untuk memastikan kesejahteraan hewan ternak.

Sapi-sapi yang ada di Mini Ranch ini diberikan pakan berkualitas tinggi dan mendapatkan perawatan medis yang baik.

Tentu saja, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas sapi Pasundan secara keseluruhan.

Mini Ranch Sapi Pasundan ini pun menjadi tempat pelatihan dan edukasi bagi peternak lokal.

Di sini, mereka dapat belajar tentang teknik-teknik pemeliharaan sapi yang baik, strategi pemuliaan sapi, dan praktik-praktik terbaik dalam manajemen peternakan sapi.

Diharapkan melalui Mini Ranch ini, peternak di Ciamis dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola peternakan sapi secara efektif.

Kepala Dinas Peternakan Ciamis Syarif Nurhidayat menyampaikan, ke depan, pihaknya memiliki rencana untuk membangun pusat penelitian dan pengembangan sapi Pasundan di sana. Ia menargetkan selesai pada 2025 mendatang.

Tempat yang berada di Dusun Nusasireum, Desa Cibeureum ini memiliki pemandangan indah dan udara yang sejuk. Di sini pun menjadi objek wisata dengan pemandangan indah.

Selain itu, pengunjung bisa mendapatkan edukasi tentang budidaya sapi, laboratorium, hingga pembibitan sapi.

Luas lahan Mini Ranch Sapi Pasundan sekitar 10 hektar. Sebagian digunakan untuk pengembangan sapi sekitar 2 hektare. Serta lainnya guna pengembangan hijauan pakan ternak.

Mini Ranch Sapi Pasundan Ciamis jadi Contoh Bagi Daerah Lain

Pemerintah Kabupaten Ciamis telah mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat untuk melakukan pembibitan Sapi Pasundan. Ini berkat dari pengembangan Mini Ranch tersebut.

Keberadaan Mini Ranch Sapi Pasundan berharap dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk mengembangkan peternakan sapi lokal.

Dengan peningkatan populasi sapi lokal, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor sapi serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Mini Ranch di Sukamantri Ciamis ini juga menjadi langkah awal yang penting dalam upaya pelestarian dan pengembangan sapi lokal di Indonesia.

Syarif berharap, dengan adanya dukungan dan kesadaran yang lebih besar dari berbagai pihak, sapi lokal Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler