Sabtu, Juni 22, 2024

Penguatan Pendidikan Karakter, Kesbangpol Ciamis Beri Pembekalan ke Mahasiswa KKN Unigal

Ciamis, Jabarupdate: Dalam upaya mendorong penguatan pendidikan karakter, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Universitas Galuh (Unigal).

Kesbangpol Ciamis turut berkontribusi dengan memberikan pembekalan kepada mahasiswa yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN), Sabtu (29/7/2023).

Pada acara yang diadakan di Auditorium Unigal ini, Kesbangpol Ciamis menghadirkan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Wawan Setiawan sebagai narasumber.

Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa yang akan segera melaksanakan KKN, serta dosen pembimbing yang turut hadir untuk mendukung kegiatan ini.

Dalam paparannya, Wawan menyampaikan bahwa program KKN merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Menurut dia, KKN tidak hanya tentang pemenuhan syarat akademik, tetapi juga merupakan implementasi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melalui KKN, lanjut dia, mahasiswa berkesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di dalam kelas dalam konteks kehidupan nyata. Bahwa ini adalah bentuk kontribusi nyata perguruan tinggi dalam pembangunan masyarakat dan bangsa.

Wawan menegaskan, pendidikan di perguruan tinggi tidak hanya terfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada karakter dan sikap kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Peran mahasiswa adalah sebagai ‘agent of change’ atau agen perubahan dalam masyarakat. Dan KKN adalah peluang bagi Anda, mahasiswa Unigal, untuk menerapkan ilmu yang Anda pelajari dan merubah lingkungan sekitar Anda secara positif,” papar dia.

Kesbangpol Beri Pembekalan untuk Penguatan Pendidikan Karakter Sebelum KKN

Menurutnya, melalui KKN, mahasiswa dapat mengasah kemampuan praktis, belajar beradaptasi, dan merasakan bagaimana ilmu yang diperoleh dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.

Ia mengungkapkan, Kesbangpol Ciamis berharap bahwa acara pembekalan kepada mahasiswa KKN Unigal ini akan memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada mahasiswa.

Yakni tentang peran mereka dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengalaman KKN yang bermanfaat.

Ia pun optimis, generasi muda yang bersemangat ini akan mampu menjadikan KKN sebagai langkah awal menuju perubahan sosial yang lebih baik.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler