Kamis, Juli 25, 2024

Penting untuk Kesehatan Anak! Ini 4 Makanan Tinggi Serat, Optimalkan Perkembangan Sekarang Juga

Parenting, Jabarupdate: Penting untuk kesehatan anak, hal ini untuk mengoptimalkan kesehatan Anak. Kebiasaan mengonsumsi makanan serat tinggi ternyata sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna tubuh dan sangat penting untuk menjaga pencernaan dan mengurangi risiko penyakit.

Melansir dari laman kesehatan, ada empat makanan berserat tinggi yang baik untuk mengoptimalkan kesehatan anak.

Sayur-sayuran

Sayur memiliki serat yang dibutuhkan anak. Misalnya, kubis, bayam, brokoli, jagung manis, kembang kol, dan kacang polong memiliki kandungan serat yang tinggi.

Cara membuatnya pun mudah yakni, memasukkan sayuran ini dalam sup atau atau campuran menu lain

Kacang-kacangan

Apabila anak bosan dengan serat yang berasal dari sayuran, sang ibu tidak perlu panik, serat ada juga yang berasal dari Kacang-kacangan

Seperti, kacang hijau, kedelai, kacang hitam, dan kacang merah mengandung serat yang tinggi. Para ibu bisa menyediakan menu sup kacang atau dibuat minuman kacang hijau untuk memenuhi kebutuhan serat anak.

Buah-buahan

Saat anak ingin mengonsumsi camilan, sang ibu dapat memberikan buah-buahan sebagai camilan. Selain kandungan vitamin, pada buah juga terdapat serat yang baik untuk anak.

Seperti pir, stroberi, rasberi, apel, pisang, nanas, dan jeruk bisa jadi opsi camilan sehat untuk anak.

Umbi-umbian atau Gandum

Sang ibu tidak perlu kehilangan akal saat anak mulai bosan dengan makanan yang disajikan. Para ibu juga bisa menggunakan umbi-umbian atau gandum untuk anak.

Kedua bahan ini memiliki kandungan serat yang dibutuhkan anak. Seperti roti gandum utuh, nasi beras merah, dan pasta gandum utuh adalah pilihan yang baik untuk memperoleh serat tambahan menu tinggi serat.

Makanan pokok merupakan karbohidrat kompleks seperti beras berwana, kentang, ubi, singkong, dan jagung mengandung serat yang memiliki banyak manfaat.

Seperti, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama untuk anak. Selain itu, pastikan anak mendapatkan asupan makanan dan minuman lengkap dengan nutrisi seimbang.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler