Senin, Mei 27, 2024

Peringatan Hari Tidur Sedunia

Editor:Hasby Agni

Ragam, Jabarupdate: Nampak lucu, tetapi peringatan Hari Tidur Sedunia ini sangatlah penting untuk mempromosikan nilai-nilai penting dari tidur. Dilansir dari laman promkes.kemkes.go.id, tidur ialah aktivitas pasif yang sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental manusia.

Akan tetapi, jutaan manusia masih belum memiliki waktu tidur yang cukup. Masih dilansir dari lama promkes.kemkes.go.id, berikut waktu normal manusia untuk tidur tergantung umur:

• Bayi butuh tidur ± 16 jam per hari

• Remaja butuh tidur ± 9 jam per hari

• Dewasa butuh tidur ± 7-8 jam per hari

Bahkan, banyak orang yang menderita masalah tidur. Dampak dari kekurangan tidur ini sangatlah fatal, seperti masalah dalam mengingat, kesulitan menjaga mata untuk tetap fokus selama beraktivitas, melemahnya sistem kekebalan tubuh hingga mudah jatuh sakit, hingga depresi.

Maka, peringatan Hari Tidur Sedunia hadir untuk mempromosikan nilai-nilai penting dari tidur. Peringatan yang jatuh pada tanggal 15 Maret 2024 setiap tahunnya ini menekankan pentingnya tidur untuk kesejahteraan dan kesehatan hidup.

Selain itu, peringatan yang kali ini diberi tema “Kesetaraan Tidur untuk Kesehatan Global” ini juga mendorong masyarakat untuk mengetahui bagaimana mengatasi masalah tidur dan apa saja dampak yang bisa ditimbulkan dari kekurang tidur.

Sejarah Hari Tidur Sedunia

Bermula dari organisasi nirlaba bernama World Sleep Society, sekumpulan orang tersebut menggagas Hari Tidur Sedunia pada 15 Maret 2008.

Dilansir dari laman resminya worldsleepsociety.org, organisasi tersebut terdiri dari anggota profesional yang didedikasikan untuk memajukan kesehatan tidur secara global.

Untuk memenuhu misi tersebut, World Sleep Society menyediakam beberapa platform digital, seperti International Sleep Research Training Program, World Sleep Academy, dan World Sleep congres.

Peringatan Hari Tidur Sedunia mengingatkan kita akan pentingnya tidur bagi kesehatan fisik dan mental. Meskipun terlihat sebagai aktivitas pasif, tidur memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga kesejahteraan tubuh dan pikiran kita.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup, mengakibatkan berbagai masalah kesehatan dan kualitas hidup.

Dengan tema “Kesetaraan Tidur untuk Kesehatan Global,” peringatan ini mengajak kita untuk memahami betapa pentingnya tidur yang cukup dan bagaimana mengatasi masalah tidur yang mungkin kita alami. Semoga peringatan ini dapat membawa kesadaran akan pentingnya tidur yang berkualitas untuk kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler