Sabtu, Juli 20, 2024

Pimpin Upacara Peringatan Hari Pancasila, Pesan PJ Bupati Kuningan

Editor:Hasby Agni

Kuningan, Jabarupdate: Peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2024. Berlangsung khidmat, Penjabat Bupati Kuningan Dr Drs H Raden Iip Hidajat, Mpd bertindak sebagai Inspektur Upacara, berlangsung di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan, Sabtu (01/06/2024).

Apel diikuti oleh TNI, Polri, ASN, peserta didik dan unsur organisasi masyarakat. Sementara tamu undangan terdiri dari jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK Kuningan, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua BUMD dan Ketua Dharma Wanita Persatuan. Tema Hari lahir Pancasila 2024 adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

Peringatan Hari Lahir Pancasila adalah momentum ketika Bung Karno pertama kali mememperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Hal ini disampaikan Iip Hidajat dalam pidato sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Tema tahun 2024 ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan
segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ujarnya

Kepala BPIP dalam pidatonya mengajak seluruh aspek kebangsaan di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan berbangsa, bernegara serta bermasyarakat.

Pancasila sebagai leitstar dinamis merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi. Sedangkan Pancasila sebagai meja statis terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

Melalui semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

“Keberhasilan ini merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan Ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” imbuhnya.

Kepala BPIP mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 juni.

“Dengan kerjasama dan kolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Peringatan hari lahir Pancasila ini semoga dapat memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler