Senin, Juni 17, 2024

Putin Mengunjungi Kherson yang Diduduki Rusia

Internasional, Jabarupdate: Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengunjungi wilayah Kherson di Ukraina yang diduduki.

Informasi dari Kremlin, Putin menghadiri pertemuan militer untuk mendengarkan laporan dari para komandan. Putin juga diperkirakan telah mengunjungi wilayah Luhansk.

Diketahui, Rusia telah mencaplok Kherson dan Luhansk, Ukraina pada tahun lalu.

Perjalanan Putin seperti itu jarang dilakukan oleh pemimpin Rusia, meskipun ia melakukan kunjungan mendadak ke kota Mariupol pada bulan Maret.

Tidak diketahui kapan perjalanan ke Kherson dilakukan. Tetapi pada satu titik dalam rekaman yang dirilis tentang perjalanan tersebut, Putin merujuk pada liburan Paskah yang “akan segera tiba”.

Itu menunjukkan bahwa ini terjadi beberapa hari yang lalu. Paskah yang dirayakan pada minggu lalu yaitu, Paskah Ortodoks.

Kremlin mengatakan bahwa Putin mengunjungi Kherson dengan perjalanan yang tidak dipersiapkan sebelumnya.

Menurut laporan dari media Rusia bahwa presiden juga menanyakan situasi di wilayah Zaporizhzhia, yang diklaim oleh Moskow sebagai bagian dari Rusia.

Di dalam pertemuan militer di Kherson, Kremlim mengatakan, meskipun dia tidak ingin mengalihkan perhatian mereka dari tugasnya, penting baginya untuk mendengar pendapat mereka tentang bagaimana situasi berkembang, mendengarkan dan juga untuk bertukar informasi.

Pasukan Rusia mundur dari kota Kherson akhir tahun lalu, kehilangan satu-satunya ibu kota regional yang berhasil mereka kuasai sejak Moskow menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Namun, beberapa wilayah masih berada di bawah kendali Rusia.

Dalam video yang dirilis oleh Kremlin, Putin terlihat melangkah keluar dari helikopter di sebuah lapangan sebelum video tersebut memotong dirinya yang keluar dari sebuah mobil dan disambut oleh seorang pria berseragam militer. Diperkirakan penyambut itu adalah komandan militer Kolonel Jenderal Oleg Makarevich.

Ia kemudian difilmkan sedang berbicara di sebuah ruang kontrol, duduk di antara Kolonel Jenderal Makarevich dan kepala pasukan udara Rusia, Kolonel Jenderal Mikhail Teplinsky.

Kolonel Jenderal Teplinsky kembali ke garis depan setelah diduga dicopot pada Januari lalu, demikian laporan para pakar militer Amerika dan intelijen Inggris.

“Teplinsky kemungkinan adalah salah satu dari sedikit jenderal senior Rusia yang dihormati secara luas oleh para perwira tinggi,” tulis Kementerian Pertahanan Inggris di media sosial pada hari Minggu.

Dalam informasi itu, seiring dengan kariernya yang mulai naik, maka terlihat adanya ketegangan. Itu terjadi di antara faksi-faksi di dalam Staf Umum Rusia terkait pendekatan militer Rusia di negara Ukraina.

Kemudian dalam video tersebut, Putin menunjukkan apa yang dilaporkan sebagai salinan ikon yang menurutnya milik “salah satu menteri pertahanan paling sukses di Kekaisaran Rusia”.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler