Senin, Mei 27, 2024

Sedang Masa Menyapih, Kenali 3 Cara Menyapih Anak yang Efektif

Editor:Hasby Agni

Ragam, Jabarupdate: Sedang mengalami masa menyapih, sebagai orang tua pasti pernah kesulitan ketika menyapih anak. Tidak perlu khawatir ada tiga cara menyapih anak yang efektif.

Pada kenyataannya, menyapih sang buah hati memang tidak ada patokan usia serta waktu. Namun, WHO merekomendasikan waktu terbaik untuk menyapih anak adalah saat usianya ketika dua tahun.

Sebelum menyapih, para orang tua juga memahami tanda anak yang siap disapih agar orang tua tahu bahwa sang anak memiliki kesiapan untuk tidak menyusu kembali. Melansir dari berbagai laman kesehatan, ada tiga cara menyapih anak yang efektif

Mengurangi secara perlahan

Cara menyapih anak yang paling dasar adalah mengurangi secara perlahan dengan cara mengurangi frekuensi dan durasi menyusui. Di saat orang tua langsung menghentikan pola menyusui sang anak, proses menyapih akan terasa sulit.

Misalnya, ketika sang buah hati Si biasa menyusu sebanyak 6 kali sehari, kurangi menjadi 5 kali sehari dan kurangi terus secara bertahap hingga ia berhenti menyusu.

Dengan begitu, anak akan beradaptasi dan Bunda terhindar dari radang payudara akibat berhenti menyusui secara tiba-tiba.

Memberikan cemilan atau makanan pengganti di malam hari

Ketika anak mulai terbiasa tidak menyusu siang hari atau durasi menyusu berkurang, orang tua juga dapat menerapkan pola yang sama saat malam hari.

Namun, perlu diingat proses menyapih pada malam hari harus dilakukan secara bertahap agar ia tidak merasa kehilangan atau bahkan stres.

Cara menyapih anak di malam hari bisa dilakukan dengan memberikan anak makanan ringan, seperti yoghurt buah atau biskuit kesukaannya menjelang waktu tidur. Ini dapat membuatnya merasa kenyang dan tidak ingin menyusu.

Orang tua juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan melakukan aktivitas yang bisa membuatnya tertidur, seperti membacakan buku cerita.

Memberikan susu melalui botol atau gelas

Sebelum memberikan susu melalui botol atau gelas, orang tua wajib memberikan alasan bahwa sang buah hati sudah mulai besar dan mulai minum susu dengan menggunakan gelas.

Selain memberikan alasan, berikan gelas dengan gambar atau motif kesukaan sang buah hati.

Ketika sudah melakukan cara yang sudah dijabarkan sebelumnya dan anak masih menyusui lebih dari dua tahun, orang tua tidak perlu khawatir. Menurut dokter anak menyusui
lebih dari 2 tahun tetap membawa manfaat untuk anak.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler