Senin, Mei 27, 2024

Tegal Alun Gunung Papandayan Terbakar

Garut, Jabarupdate: Telah terjadi kebakaran di Blok Tegal Alun Gunung Papandayan, Kab. Garut pada Minggu (22/10/2023).

Aah Anwar Saepuloh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Garut, menyatakan bahwa titik lokasi kebakaran berada di jalur puncak Gunung Papandayan yang jauh dari pemukiman warga.

Adapun Blok Tegal Alun, terkena dampak akibat kebakaran tersebut, yang didominasi oleh vegetasi pohon dan semak-semak.

BPBD Kab. Garut telah melakukan pantauan ke lokasi tidak lupa berkoordinasi terlebih dahulu dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gunung Papandayan.

Lokasi yang sulit dijangkau membuat pemadaman api tidak dapat menggunakan kendaraan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kab. Garut. Al hasil pemadaman dilakukan secara manual menggunakan jet suter.

“Sebagian pihak kami melakukan pantauan dari bawah untuk mencegah meluasnya area yang terbakar,” kata Aah dalam keterangan tertulisnya (23/10/2023)

Api terus berkoar hingga pukul 22.45 WIB, dan petugas pun masih berupaya melakukan pemadaman.

Pemadaman ini juga melibatkan bantuan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisurupan, TNI, Polri, BKSD, Disdamkar Garut, Tagana Dinsos Garut, Resort Gunung Papandayan, dan PT. AIL Papandayan serta relawan lainnya.

Hal tersebut membuat Jalur pendakian ke Gunung Papandayan di Kab. Garut, Jabar, ditutup sementara akibat api yang masih menyala.

“Pendakian ke jalur Papandayan kali ini ditutup sementara untuk mempertimbangan keamanan,” ucap Iptu Asep Saepudin, Kepala Polsek Cisurupan, dilansir dari Antara, Selasa (24/10/2023).

Bukan sekedar kemanan saja, melainkan guna mempermudah proses pemadaman dan mencegah api menyebar.

Petugas gabungan masih siap siaga memadamkan api yang masih terjadi di dua titik di kawasan hutan secara manual.

Ia menyebutkan, penyebab kebakaran masih belum diketahui dan masih berfokus ke pemadaman api. Luas lahan yang terbakar diperkirakan kurang lebih 100 hektar.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler