Senin, Juni 17, 2024

Tepat 4 September, Ketahui Sejarah Hari Pelanggan Nasional

RAGAM, Jabarupdate: Setiap tanggal 4 September, diperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas). Peringatan ini merupakan waktu yang istimewa bagi para pelanggan.

Pasalnya, momen ini merupakan kesempatan bagi setiap perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Melansir detik.com, peringatan Harpelnas ini berawal pada tahun 2003. Saat itu banyak pihak yang mendukung ide tersebut seperti perusahaan BUMN, juga perusahaan swasta.

Bahkan pihak pemerintah pun ikut mendukung ide perayaan Hari Pelanggan Nasional tersebut, khususnya di Indonesia.

Sejarah menyebutkan bahwa Hari Pelanggan Nasional ini pertama kali dicetuskan tahun 2003 oleh Handi Irwan D, selaku CEO Frontier Group.

Peresmiannya sendiri dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri, yang pada saat itu menjabat sebagai presiden Republik Indonesia yang ke-5.

Perayaan Harpelnas ini diikuti oleh seluruh kalangan pebisnis, termasuk pihak perusahaan. Mencakup perusahaan BUMN sampai perusahaan swasta pun ikut merayakannya.

Oleh karena itu perayaan hari pelanggan ini menjadi perayaan nasional negara Indonesia.

Tujuannya sendiri agar perusahaan dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan. Dimana kepuasan pelanggan dapat berdampak baik untuk kemajuan perusahaan kedepannya.

Diketahui sebelumnya, perayaan Harpelnas ini memiliki tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Sedangkan pada tahun 2023 ini, tema yang diambil adalah “Melayani Pelanggan di Era AI”.

Tema ini diambil guna mengapresiasi pelanggan, dengan menerapkan prinsip Human touch di tengah maraknya sistem Artificial Intelligence (AI).

Lalu, bagaimana cara merayakan Hari Pelanggan Nasional tersebut?

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional.

Jika sebuah perusahaan atau pelaku bisnis, Harpelnas bisa dirayakan dengan cara mengadakan promo besar-besaran, ataupun mengadakan event yang penuh kejutan berhadiah.

Selain itu perusahaan juga bisa menyelenggarakan lomba virtual, atau juga bisa memberikan penghargaan bagi konsumen setia mereka.

Sedangkan konsumen sendiri bisa merayakannya dengan cara mengikuti event atau perayaan dari perusahaan. Bahkan jika disediakan twibbon, konsumen bisa ikut serta memeriahkannya.

Dengan begitu, kepuasan pelanggan dapat dicapai sebagai tujuan dari dirayakannya Harpelnas.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler