Senin, Mei 27, 2024

Tetap Hemat Saat Lebaran, Simak 5 Tips agar Gak Boncos Saat Mudik Lebaran 2024

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Bagi yang mau pulang kampung saat lebaran nanti, sepertinya sangat penting untuk mengetahui tips tidak boncos saat mudik. Pasalnya, walaupun terlihat sederhana nyatanya mudik lebaran membutuhkan perencanaan keuangan yang matang agar lancar selama perjalanan.

Jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar tidak boncos dan nyaman ketika memutuskan pulang kampung saat lebaran yaitu sebagai berikut:

1. Rencanakan Keuangan

Sangat penting sekali untuk terlebih dahulu membuat perencanaan keuangan secara terperinci sebelum mudik. Caranya sederhana saja, silahkan alokasikan dana masing-masing. Mana yang untuk transportasi, oleh-oleh, menginap, dan kebutuhan selama perjalanan.
Pastikan membuat perencanaan keuangan sejelas mungkin. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan dengan lebih efisien.

2. Pastikan Membawa Uang Tunai Selama Perjalanan Mudik

Walaupun lebih praktis menggunakan sistem cashless, namun demi kenyamanan Anda selama mudik pastikan membawa uang tunai.
Ingat, tidak semua tempat yang Anda lewati selama perjalanan mudik menyediakan sarana media pembayaran non tunai.

Sangat merepotkan jika nanti tiba-tiba Anda harus bayar dengan uang tunai namun tak membawa sepeser pun.
Hanya saja, pastikan membawa uang tunai dengan jumlah secukupnya saja, untuk menghindari resiko kejahatan.

3. Hindari Terlalu Banyak Jajan Selama Perjalanan

Tips tidak boncos saat mudik lebaran selanjutnya adalah sebisa mungkin menghindari terlalu banyak jajan selama perjalanan. Khususnya makanan atau barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dibeli.

Lebih baik, beli makanan atau minuman secukupnya saja sebelum berangkat. Hal ini tentu akan makin menghemat pengeluaran Anda.

4. Selalu Gunakan Uang THR Dengan Bijak

Sebagai seorang pekerja, seringkali dibagikan uang THR saat lebaran. Anda tidak boleh sembarangan menggunakan uang THR tersebut. Usahakan penggunaan uang THR hanya diprioritaskan untuk kebutuhan paling penting saja.

Hindari menggunakan uang THR untuk berfoya-foya dan membeli barang kurang berfaedah. Bagaimanapun juga cara ini akan mengurangi pengeluaran kantong Anda.

5. Mudik Pakai Transportasi Umum

Agar tidak terlalu boncos, tips mudik yang tak kalah penting adalah usahakan menggunakan transportasi umum, misalnya kereta api atau bus.
Pasalnya, transportasi umum seperti itu dinilai lebih ekonomis dan nyaman, khususnya untuk perjalanan jauh. Bahkan, dengan menggunakan transportasi umum dapat menghindarkan Anda dari resiko kelelahan selama perjalanan

Itu dia tadi beberapa tips tidak boncos saat mudik. Bagaimana? Sudah siap pulang kampung saat libur lebaran tahun ini?

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler