Kamis, Juli 18, 2024

Waspada! Beberapa Jenis Makanan Ini Pemicu Darah Tinggi, Apa Saja? 

RagamJabarupdate: Beberapa makanan yang ternyata dapat menyebabkan darah tinggi, salah satunya makanan asin. Darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi tekanan darah seseorang yang berada di atas batas normal.

Kebanyakan orang-orang yang terkena darah tinggi disebabkan karena pola makan yang salah dan pola hidup yang tidak sehat.

Untuk mencegah darah tinggi, seseorang perlu menjaga pola makan dan bijak dalam memilih makanan dan pola hidup yang kurang sehat.

Seperti, pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, obesitas, konsumsi alkohol yang berlebihan, merokok, dan faktor genetik dapat berperan dalam menyebabkan hipertensi.

Makanan yang sehat dan pola makan yang seimbang memainkan peran penting dalam mencegah hipertensi dan menjaga kesehatan secara umum.

Berikut adalah beberapa makanan yang perlu dihindari atau dikurangi konsumsinya untuk mencegah darah tinggi.

Makanan Tinggi Lemak

Mengonsumsi makanan tinggi lemak ternyata dampak buruk untuk kesehatan, apalagi dikonsumsi secara berlebihan dan dalam waktu lama.

Makanan tinggi lemak bisa memiliki dampak yang beragam pada kesehatan, terutama jika kamu konsumsi secara berlebihan atau dalam jangka panjang.

Makanan tinggi lemak, salah satunya lemak jenuh ternyata meningkatkan risiko darah tinggi. Daging merah berlemak, lemak susu, mentega, dan keju keras merupakan beberapa lemak jenuh yang memiliki dampak negatif untuk kesehatan.

Ketika mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuhnya, lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Akibatnya, pembuluh darah menyempit dan membatasi aliran darah ke organ tubuh, termasuk jantung dan otak

Makanan Asin

Melansir dari laman kesehatan, makanan asin ternyata secara langsung meningkatkan tekanan darah karena kandungan garam yang tinggi.

Sebenarnya, kandungan garam atau natrium merupakan salah satu mineral penting untuk menjaga keseimbangan cairan, fungsi otot, dan sinyal saraf.

Namun, asupan garam yang berlebihan dapat mempengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh.

Jangan lupa untuk hindari makanan tinggi garam seperti makanan olahan, makanan cepat saji, camilan asin, dan saus kemasan.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai mengurangi makanan-makanan yang menyebabkan darah tinggi. Ketika seseorang terkena darah tinggi, sudah pasti membuat tidak maksimal untuk menjalankan hari.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler