Sabtu, Juli 13, 2024

Waspada Wabah DBD! Begini Cara Tepat Meningkatkan Imunitas Anak saat Musim Demam Berdarah

Ragam, Jabarupdate: Hati-hati wabah DBD yang mengintai anak! Orang tua tidak perlu khawatir karena ada cara yang tepat untuk meningkatkan imunitas anak saat musim DBD.

DBD atau lebih dikenal demam berdarah mudah menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Anak yang terkena demam berdarah, biasanya mengalami penurunan kesehatan karena sistem imunitasnya rendah.

Apabila sistem imunitas anak rendah, tentu saja tidak dapat melindungi anak dari kuman dan penyakit. Anak yang mengalami DBD biasanya akan terlihat daya tahan tubuhnya melemah. Hal ini membuat virus DBD masuk dan tubuh mudah terinfeksi.

Apabila anak sudah mengalami gejala DBD, orang tua tidak perlu khawatir. Melansir dari berbagai laman kesehatan, ada cara cepat untuk meningkatkan imunitas anak saat terkena DBD.

Memperbanyak Minum Air Putih

Anak yang mengalami gejala DBD biasanya mengalami dehidrasi. Gejala ini bisa terjadi
karena muntah dan demam tinggi. Oleh karena itu anak perlu beristirahat dan minum banyak air putih.

Selain mengalami dehidrasi, sebagian anak akan mengalami gejala demam. Demam dapat mengurangi kelembapan dari tubuh anak dan membuat cairan tubuhnya berkurang.

Ketika anak dengan DBD mengalami dehidrasi, tubuh tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya.

Cairan di dalam tubuh berperan besar dalam mendukung organ-organ tubuh bekerja secara optimal. Dehidrasi bisa membuat tubuh anak menjadi lebih lemas.

Biasanya anak yang dehidrasi akan dibantu melalui cairan infus apabila dirujuk ke rumah sakitnya. Namun, sebelum lebih parah dan dirujuk ke rumah sakit, lebih baik melakukan pencegahan dengan cara memberikan minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Mengonsumsi Vitamin C

Anak-anak yang mengalami gejala DBD selain perlu banyak mengonsumsi air putih, juga perlu mengonsumsi vitamin C. Salah satunya dapat ditemukan pada jus buah jambu biji.

Vitamin C di dalam jambu biji dapat menutrisi tubuh anak. Vitamin C memegang peranan penting dalam mengelola sistem imunitas tubuh. Konsumsi jus jambu biji mampu melawan bakteri dan virus penyebab infeksi penyakit.

Rasanya yang manis membuat jus jambu biji disukai oleh anak-anak. Orang tua dapat memberikan jus ini setiap hari kepada anak untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan DBD.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler