Senin, Mei 27, 2024

Wisata Religi Di Jakarta yang Buat Ramadhanmu Makin Bermakna

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Datangnya bulan Ramadhan menjadi momentum untuk memperbaiki kualitas ibadah. Selain itu, bulan Ramadhan juga sebaiknya diisi dengan kegiatan positif agar lebih bermakna.

Berkunjung ke masjid besar yang bersejarah, melihat pemukiman muslim yang ikonik juga dapat dilakukan untuk wisata religi, juga bisa menjadi aktivitas seru saat Ramadhan.

Karenanya, berikut wisata religi di Jakarta yang bisa kamu kunjungi agar Ramadhanmu lebih bermakna:

1. Kampung Arab

Menjelajahi ragam budaya Timur-Tengah di Kampung Arab juga menjadi aktivitas wisata religi yang tidak kalah menarik.

Kampung Arab lebih dikenal dengan sebutan Kampung Pekojan, yang diambil dari kata Kaja atau Khoja yaitu nama daerah India yang didominasi penduduk muslim.

Di kampung ini kamu bisa menjelajahi kawasan sarat sejarah, berziarah ke Makam Al-Hawi, hingga belanja pernak-pernik muslim.

2. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal berlokasi di Jakarta Pusat. Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara dan berdiri sejak 1961.

Arsitektur Mesjid Istiqlal yang megah perpaduan antara Eropa, Indonesia, dan Timur Tengah menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaahnya. Masjid ini sangat luas dan memberikan suasana tenang ketika berada disana.

3. Masjid Si Pitung

Masjid Si Pitung merupakan salah satu cagar budaya bahari yang letaknya tidak jauh dari Rumah Si Pitung, yaitu jagoan Betawi yang sangat melegenda.

Masjid yang terletak di area pinggiran Pantai Marunda sehingga di kenal sebagai Masjid Al-Alam Marunda. Masjid SI Pitung berdiri pada abad ke 17 dan menjadi salah satu saksi sejarah perlawanan rakyat Betawi melawan penjajah.

4. Masjid Perahu

Desain bangunannya yang menyerupai perahu menjadi salah satu daya tarik masjid ini untuk dikunjungi. Nama asli Masjid Perahu adalah Masjid Agung Al-Munada Darussalam Baiturrahman.

Berlokasi di di Casablanca, Jakarta Pusat, Masjid Perahu memiliki ikon yang cukup terkenal yakni terdapat Al-Qur’an kuno raksasa dengan kaligrafi ayat Al-Qur’an di dalamnya. Ukuran dari Al-Qur’an kuno itu 2 x 1,5 meter dengan tebal mencapai 30cm.

5. Masjid Ramlie Mustofa

Dibangun pada tahun 2011, masjid ini memiliki desain yang mengingatkan pada salah satu keajaiban dunia yaitu Taj Mahal, India. Dengan warna putih yang mendominasi serta kubah yang membulat dan menara-menara kecil di sampingnya. Masjid Ramlie Mustofa berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Beberapa pilihan wisata religi tersebut bisa kamu kunjungi untuk mengisi aktivitas ramadhanmu. Tidak hanya beribadah, namun juga bisa belajar sejarah. Tentunya akan menjadi pengalaman wisata religi yang berkesan dan menyenangkan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler