Akan Ada Aturan Baru, Syarat Perjalanan Transportasi Wajib Vaksin Booster

Syarat perjalanan transportasi
Vaksin Booster/Ist

Nasional, Jabarupdate: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini masih menunggu surat edaran dari Satgas Covid-19 untuk menetapkan aturan terkait vaksin ketiga atau Booster sebagai syarat untuk melakukan perjalanan transportasi.

Saat ini, Kemenhub juga tengah melakukan diskusi dengan pemangku kepentingan moda transportasi dalam penerapan kebijakan tersebut.

Menurut Juru Bicara dari Kemenhub, Adita Irawati bahwa saat ini tengah menunggu turunnya surat edaran dari satgas.

Karena, lanjut dia, menjadi rujukan bagi Kemenhub terkait kebijakan Vaksin Booster itu, seperti yang beberapa waktu lalu, adalah surat edaran yang dikeluarkan oleh Satgas Penanganan Covid-19. Yakni mengenai syarat perjalanan transportasi di masa Pandemi Covid-19 ini.

Kewajiban Vaksin Booster sebagai syarat perjalanan transportasi ini akan diikuti dengan pelaksanaan vaksinasi di berbagai tempat. Salah satunya di simpul-simpul transportasi. Seperti halnya bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan.

Hal serupa juga sudah pernah dia laksanakan. Dan itu terbukti cukup membantu dalam pencapaian tingkat vaksinasi Covid-19.

Selain itu, Kemenhub juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada menghadapi Pandemi Covid-19 dan tetap untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan terutama penggunaan masker. Serta segera untuk mendapatkan Vaksin Booster guna menjaga antibodi di dalam tubuh.

Harapannya, ungkap dia, dengan Booster kasus Pandemi Covid-19 ini dapat terus melandai. Sehingga dengan begitu, masyarakat dapat dengan leluasa lagi beraktivitas di luar rumah.

Adapun, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan Booster bisa dengan mendaftarkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Ataupun bisa juga mengantri di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah.

Namun kali ini juga masyarakat bisa mengakses pendaftarannya secara daring, baik melalui website ataupun aplikasi Pedulilindungi.

Berikut adalah cara untuk mendaftarkan vaksinasi Booster melalui aplikasi Pedulilindungi.

1. Buka aplikasi Pedulilindungi yang telah diunggah
2. Masuk/ login. Itu jika sudah memiliki akun
3. Kemudian klik Menu ‘Profil’ dan pilih ‘Status Vaksinasi dan hasil tes Covid-19’
4. Maka akan muncul status dan jadwal Vaksinasi Booster
5. Pengguna aplikasi Pedulilindungi dapat memilih menu “Riwayat dan Tiket Vaksin” untuk mengecek tiket vaksin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Ustadz Adi Hidayat Sebut Nama Asli Pattimura Adalah Ahmad Lussy

Ustaz Adi Hidayat Sebut Nama Asli Pattimura Adalah Ahmad Lussy

Next Article
Masih Menunggu, Syarat Perjalanan Transportasi Wajib Vaksin booster

Masih Menunggu, Syarat Perjalanan Transportasi Wajib Vaksin booster

Related Posts
Total
0
Share