Jokowi Sebut Pandemi Semakin Membaik, Masyarakat Bisa Mudik Lebaran

Jokowi Sebut Pandemi
Joko Widodo/Net

Nasional, Jabarupdate: Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebut pandemi semakin hari makin membaik. Sehingga pihaknya akan membolehkan warga untuk melaksanakan mudik lebaran.

Hal tersebut dia ungkapkan saat menggelar Konfereni Pers di Istana Negara pada Kamis (24/3/2022).

Ia mengungkapkan, capaian apa yang sudah didapat oleh Pemerintahan terkait pandemi Covid-19 di Indonesia. Bahwa semakin hari semakin membaik.

Maka, bagi pelaku perjalanan dari luar Negeri tidak perlu lagi melalui proses karantina.

“Sampai dengan kemarin, tanggal 22 maret tahun 2022. Perkembangan pandemi Covid-19 terus membaik. Untuk itu, Pemerintah memutuskan mengambil langkah-langkah pelonggaran,” kata dia.

Seperti para pelaku perjalanan dari luar negeri yang tiba di seluruh bandara di Indonesia. Mereka tidak lagi perlu melakukan karantina.

Namun, lanjut Jokowi, pemerintah mewajibkan para pelaku perjalanan itu untuk melakukan tes pusat Polymerase Chain Reaction (PCR).

Dia menjelaskan, PCR perlu dilakukan agar apabila ada pelaku perjalanan dari Luar Negeri yang terinfeksi atau teridentifikasi Covid-19 bisa langsung dilakukan tindakan oleh satgas.

Jokowi sebut, bahwa kondisi Pandemi hari ini semakin membaik. Dengan menurunnya trend Covid-19 ini ia juga menyampaikan optimismenya menjelang perayaan bulan suci Ramadan.

Menurutnya, pada sata Ramadan, umat muslim dapat melakukan ibadah salat tarawih berjamaah dan melakukan mudik lebaran.

“Situasi pandemi yang membaik juga membawa optimisme. Apalagi menjelang datangnya bulan suci ramadan. Tahun ini,” kata dia.

Umat muslim pun, lanjut dia, dapat melakukan salat tarawih berjamaah di masjid dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Dan bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran dipersilahkan. Diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan dua kali suntik vaksin dan satu kali booster,” lanjut Jokowi.

Selain itu, Presiden juga menyampaikan himbauannya untuk para pejabat pemerintah agar tidak melakukan buka puasa bersama dan open house ketika bulan Ramadan.

Jokowi berharap, trend pandemi yang semakin membaik ini dapat dipertahankan.

Karena dia meminta supaya masyarakat semua mampu menerapkan protokol kesehatan. Disiplin memakai masker. Rajin mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Penulis: Galuh Wiradinata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Pernikahan beda agama

Ramai Pernikahan Beda Agama, Ternyata Tidak Sah Menurut Hukum Negara

Next Article

Dea OnlyFans Ditangkap Polisi, Podcast Deddy Corbuzier Diserbu Warganet

Related Posts
Total
1
Share