Senin, Mei 27, 2024

MBTI Mempermudah Mengenali Diri Sendiri dan Orang Lain

Ragam, Jabarupdate: Sebagai generasi muda apakah anda sudah mengenali diri anda sendiri? Bagaimana cara anda mengetahui kekurangan dan kelebihan diri anda, bagi anda yang masih mencari hal itu, tulisan ini akan menjadi jawaban untuk kalian. Mengenali diri sendiri sangat penting untuk memudahkan kita untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan diri sendiri. Memahami diri sendiri dapat meningkatkan motivasi juga produktivitas. Biasanya jika seseorang udah memahami dirinya sendiri mereka akan cenderung memiliki pemahaman yang baik tentang cara berinteraksi dengan orang lain. Banyak sekali manfaat dari mengenali diri sendiri, lantas bagaimana cara termudah untuk mengenali diri kita sendiri.

MBTI dapat menjadi salah satu solusinya, Myers-Biggs Type Indicator Test (MBTI) merupakan salah satu cabang tes kepribadian di bidang psikologi yang dibuat untuk memberikan wawasan tentang kecenderungan pengambilan keputusan seseorang (Rabbani et al. 2020). Tes MBTI dibuat dan dikembangkan berdasarkan teori kepribadian Carl Gustav Jung oleh psikolog terkenal Amerika, Isabel Myers dan ibunya, Katherine Briggs, pada tahun 1940an. Tes MBTI sangat populer dan umum digunakan secara global. Tes ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kepribadian, potensi, dan minat seseorang.

MBTI terbagi menjadi empat dimensi, akan terdapat enam belas tipe ke pribadian dari kombinasi empat dimensi utama tadi.

1. Ekstrovert (E) VS Introvert (I)

Menunjukkan apakah seseorang cenderung menarik energi dari interaksi sosial (ekstrovert) atau waktu yang dihabiskan sendirian (introvert).

2. Intuisi (N) VS Sensori (S)

Menunjukkan bagaimana seseorang mengumpulkan informasi, baik melalui intuisi dan abstraksi (intuitisi) maupun melalui observasi dan data konkrit (sensori).

3. Thinking (T) VS Feeling (F)

Menggambarkan bagaimana seseorang mengambil keputusan, seringkali berdasarkan logika dan analisis (thinking) atau empati dan emosi (feeling).

4. Judging (J) VS Perceiving (P)

Menggambarkan bagaimana seseorang mengatur kehidupan mereka. Orang yang suka menghakimi (judging) cenderung lebih terorganisir dan mempunyai jadwal yang padat. Sebaliknya individu yang berdimensi perceiving lebih terbuka dan fleksibel dalam menghadapi perubahan.

Dari empat dimensi utama tadi akan terbentuk gambaran bagaimana karakter seseorang, Mulai dari bagaimana seseorang berinteraksi, mengumoulkan informasi, mengambil keputusan, dan bagaimana mereka menyiapkan rencana kehidupan mereka. Dengan adanya MBTI kita dapat dengan mudah menyesuaikan karakter orang lain dan karakter diri kita sendiri. MBTI pun dapat menjadi topik obrolan dilingkungan sekitar, khususnya untuk para generasi muda yang mungkin pernah tertarik membahas astrologi yang terkesan tidak masuk akal, akan lebih baik apabila mengacu kepada MBTI ini, karena berdasarkan hasil penelitian dan akan lebih akurat, karena setiap orang pasti memiliki MBTI yang berbeda, maka akan menjadi lebih spesifik jika kita mencoba mencari tahu bagaimana karakternya.

MBTI membantu seseorang untuk memahami tipe kepribadian diri mereka sendiri, termasuk kecenderungan dalam cara berkomunikasi, membuat keputusan, dan berinteraksi dengan orang lain. Memahami MBTI juga dapat meningkatkan kualitas komunikasi intrapersonal, mengetahui bagaimana gaya bekerja sama seseorang dapat membantu kita menghindari konflik dan menjalin hubungan yang lebih baik. MBTI juga dapat membantu kita memahami gaya belajar yang paling baik untuk dilakukan oleh masing-masing individu dan dapat mencipatakan lingkungan pembelajaran yang mendukung. Kita dapat mengetahui kepribadian pasangan dengan membantu pasangan memahami dan menghargai satu sama lain.

Bagi yang belum mengetahui apa MBTI diri sendiri ada beberapa Langkah – Langkah mudah yang dapat dilakukan yaitu:

1. Mengunjungi situs tes MBTI yang ada di internet

Banyak tes MBTI yang dapat diakses secara online dan gratis. Tes ini umumnya terdiri dari serangkaian pertanyaan yang dirancang untuk mengidentifikasi preferensi dari unsur dimensi utama tadi.

2. Membaca deskripsi hasil tes MBTI

Setelah melakukan pengisisan pertanyaan, akan ada deskripsi detail tertakit tipe mbti, pada tahap ini membantu individu untuk memahami karakteristik, potensi, kekuatan, kelemahan, bahkan seseorang yang terkenal yang memiki MBTI sama sepertinya individu yang mencoba tesnya.

3. Terbuka terhadap perubahan

Pemahaman terkait dengan MBTI akan berkembang seiring berjalannya waktu. Terbuka terhadap refleksi dan perubahan dalam diri sendiri dapat membantu untuk memahami bagaimana preferensi kepribadian yang mungkin akan berkembang seiring berkembang perjalanan hidup.

Mengenali diri sendiri terdengar hal yang sederhana namun tidak semua orang sadar bahwa hal ini penting dilakukan, dengan mudahnya penggunaan internet dapat membantu mengatasi hal rersebut secara mudah dan praktis.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler