Menkominfo Minta Perayaan Imlek Dilaksanakan Sederhana

Menkominfo minta perayaan Imlek
Menkominfo RI Johnny G Plate/Kominfo

Nasional, Jabarupdate: Pemerintah melalui Menkominfo Johnny Gerard Plate minta perayaan Imlek di tengah pandemi COVID-19 secara sederhana, menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Johnny mengimbau masyarakat agar menghindari keramaian dan kebiasaan kumpul dengan keluarga atau kerabat dalam jumlah besar.

Hal tersebut Johnny ungkapkan dalam siaran pers pada Senin (31/1/2022).

Ia berharap perayaan Imlek pada 1 Februari 2022 dapat berjalan dengan aman bagi semua. Karena itu, lanjutnya, pemerintah meminta umat Konghucu yang merayakan Imlek supaya melaksanakannya secara sederhana dan tetap menegakkan prokes. Serta menghindari kerumunan.

Selain itu, dia juga mengimbau warga untuk membatasi kegiatan berkumpul dalam jumlah besar. Hal ini untuk
meminimalisasi potensi penularan virus.

Pada perayaan Imlek tahun ini juga, ia mengimbau masyarakat tidak mudik, menghindari keramaian, dan kebiasaan kumpul keluarga dalam jumlah besar.

“Tanpa mengurangi makna penting perayaan ini. Mari rayakan Imlek bersama keluarga yang serumah. Untuk menekan risiko penularan,” katanya.

Mengingat, katanya, COVID-19 masih ada. Lantaran sampai sata ini jumlah kasus konfirmasi harian yang terus meningkat.

Dia mengungkapkan, terkait imbauan tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor
2/2022 tentang Panduan Penerapan Prokes pada Perayaan Imlek 2573 Kongzili, Selasa (25/1/2022).

Demi perlindungan masyarakat, kata Johnny, terdapat pembatasan untuk ibadah di Klenteng.

Berdasar pada aturan tersebut, Menkominfo juga minta supaya kegiatan perayaan Imlek wajib dikoordinasikan dengan Satgas COVID-19 di lingkungan masing-masing.

Serta, harus mengkoordinasikan dengan unsur keamanan setempat, agar mengetahui status zonasi serta dapat menyiapkan tenaga pengawas penerapan prokes.

Johnny mengatakan bahwa Imlek 2022 ini adalah tahun kedua merayakan dalam situasi pandemi. Dia yakin masyarakat mengetahui bagaimana sebaiknya melaksanakan hari besar tersebut secara aman.

“Pada saat perayaan, selalu taati protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak
dan mencuci tangan,” imbuhnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat untuk selalu mengutamakan kegiatan berbagi kepada sesama. Membantu warga yang membutuhkan.

Johnny berharap, dengan semangat tersebut, tahun baru Imlek dapat membawa harapan baru. Membawa keberuntungan baru, serta menjadikan Indonesia yang lebih sehat dan penuh semangat persatuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article

Tagar AGNEZMO2022 Trending, Sang Diva Bikin Karya Baru?

Next Article

Twitter PBNU Sindir PKB dan PKS soal Ucapan Harlah Ke-96

Related Posts
Total
0
Share