Sabtu, Februari 24, 2024

Pemkab Purwakarta Gandeng Polres Adakan Layanan KB Gratis

PURWAKARTA, Jabarupdate: Dalam rangka penerapan program Keluarga Berencana (KB), Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersama Kapolres Purwakarta bekerjasama dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-77.

Kegiatan ini merupakan pelayanan KB dengan menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) digelar secara serentak di Puskesmas Daratan, Purwakarta pada Selasa (04/07).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan jika implementasi program KB harus didukung oleh semua pihak, salah satunya adalah Polri.

“Pemkab Purwakarta menggandeng jajaran Polres dalam rangkaian HUT Bhayangkara ke-77,” ungkapnya.

Ambu Anne–sapaan akrabnya–jika kegiatan tersebut serentak dilakukan di 20 Puskesmas di Kabupaten Purwakarta secara gratis.

“Ini merupakan bentuk kolaborasi dan sinergitas Pemkab Purwakarta dengan jajaran Polri,” kata Ambu Anne seperti dikutip Jabarupdate dari situ resmi.

Berharap Menurunkan Angka Kelahiran Total

Anne Ratna Mustika berharap digelarnya kegiatan tersebut agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka kelahiran total.

Ambu Anne menerangkan jika MKJP ini merupakan program KB dengan efek samping sedikit dibanding dengan metode yang lain. Penggunaan MKJP bisa bertahan selama 3 sampai 10 tahun.

“Ada beberapa jenis, diantaranya sterilisasi perempuan, sterilisasi pria, spiral atau IUD dan susuk KB,” kata Anne.

Masih Ada Masyarakat yang Tidak Ingin di KB

Ambu Anne menyebutkan tingginya angka masyarakat tidak mau KB masih di angka 15,5 persen. Ia menyebutkan dengan kegiatan ini bisa turun hingga 3 persen.

“Untuk program MKJP targetnya hari ini mencapai lebih dari 600 akseptor,” tuturnya.

Anne juga menyampaikan capaian angka kelahiran total harus dipertahankan yaitu di angka 2,23 persen. Kemudian target untuk CPR atau referensi keikutsertaan pasangan usia subur untuk penggunaan KB menargetkan 79-80 persen.

Sementara itu, AKBP Edwar Zulkarnain, Kapolres Purwakarta menyampaikan kegiatan pelayanan KB gratis ini merupakan sinergitas Polri dengan Pemkab Purwakarta.

“Ucapan terima kasih kepada Pemkab Purwakarta, khususnya DPPKB yang telah menggandeng Polri sebagai mitra percepatan program pemerintah khususnya dalam pelayanan Keluarga Berencana (KB)bagi masyarakat,” ujar Kapolres.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler