Selasa, April 16, 2024

Badan Kesbangpol Ciamis Gelar Seleksi Calon Paskibraka 2023

Ciamis, Jabarupdate: Dalam rangka mempersiapkan Pengibaran Bendera 17 Agustus 2023, dilaksanakan seleksi calon Paskibraka Kabupaten Ciamis.

Pelaksanaan seleksi dilakukan Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Badan Kessatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Stadion Ayletik setempat.

Pada tahun sebelumnya, seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka ini oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora).

“Mulai 2023 ini, mulai dari seleksi hingga pembinaan diurus oleh Badan Kesbangpol Ciamis,” ujar Kepala Badan Kesbangpol Ciamis R. Yadi Tisyadi, pada Kamis (9/3/2023).

Ia melanjutkan, dalam seleksi ini dilaksanakan beberapa penilaian. Telah ddilakukam pada tahap satu yaitu 45% tentang pengetahuan dasar baris-berbaris. Kemudian, penilaian yang menyangkut kesehatan jasmani.

Menurutnya bahwa ini merupakan penilaian yang mutlak yang harus dilalui dan dimiliki peserta calon Paskibraka.

Selanjutnya, penilaian pengetahuan umum. Dalam sesi ini, para peserta calon Paskibraka Kabupaten Ciamis 2023 ini tidak hanya dites terkait narasi tulis-menulis dan verbal.

Tetapi, mereka pun harus mampu mengerjakan soal matematika. Selain itu, tentu saja para peserta mengikuti pembinaan ideologi pancasila. Ini nilai persentasenya 25%

Yadi mengungkapkan, para peserta yang lulus dalam seleksi dan terpilih menjadi Paskibraka, mereka akan bertugas pada tanggal 17 Agustus 2023.

Para pasukan pengibar bendera ini pun bakal melaksanakan tugas di Hari Lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023.

“Berbeda dengan Paskibraka yang lalu yang hanya bertugas untuk 17 Agustus 2023. Mulai tahun 2023 ini, Paskibraka yang terpilih juga akan bertugas pada Hari Lahirnya Pancasila. Sebelumnya, tugas mereka berakhir pada 18 Agustus 2023,” beber Yadi.

Pesan Bagi Calon Paskibraka Ciamis 2023 yang Tak Terpilih

Yadi menyampaikan pesan kepada para peserta bahwa seleksi yang diikuti bukanlah akhir dari segalanya. Karena itu, tetap belajar dengan giat dan jangan hilang motivasi untuk tetap maju.

“Dari sekian banyak peserta yang mengikuti seleksi ini. Pasti tidak akan semuanya lulus. Jadi ini bukan akhir dari segalanya. Saya harapkan, seleksi ini tidak menjadi akhir daripada tujuan dan cita-cita adik-adik sekalian,” beber Yadi.

Ia menegaskan, jika memang tidak lulus seleksi Paskibraka Ciamis, artinya kiprah para siswa SMA/Sederajat ini dalam membangun bangsa khususnya Kabupaten Ciamis masih panjang.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

- Advertisement -spot_img
ARTIKEL TERKAIT

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler