Batu di Cadas Pangeran Terbawa Longsor, 8 Orang Terluka

Batu di cadas pangeran
Batu Cadas Pangeran

Sumedang, Jabarupdate: Sejumlah batu dengan ukuran besar di Cadas Pangeran, Sumedang terbawa longsor pada Sabtu (29/10/2022) sore.

Akibatnya, dua mobil rusak parah terhantam batu yang dibawa material longsor. Selain itu, dilaporkan delapan orang terluka.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi, kejadian longsor yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

“Longsor di Cadas Pangeran, Sumedang, sekitar pukul 15.00 WIB. Tebing bebatuan menutup sebagian jalan di Cadas Pangeran dan batu menimpa dua mobil,” ucap Hadi.

Ia juga menuturkan, dengan terjadinya longsor yang menutup sebagian jalur utama lalu lintas penghubung antara Bandung-Cirebon terpaksa diberlakukan Contraflow atau buka tutup jalan.

Adapun tinggi dari longsor mencapai kurang lebih 50 meter dan lebar 3 hingga 5 meter.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun terdapat delapan orang mengalami luka-luka.

Hadi juga menjelaskan, dua orang di antaranya mengalami luka berat. Mereka langsung dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang.

Sementara itu, sebanyak lima orang mengalami luka ringan dan satu orang dibawa ke PKM Haurgombong karena mengalami luka di bagian kepala.

Pusadalops PB BPBD Kabupaten Sumedang langsung melakukan kaji cepat ke lokasi. Mereka juga berkoordinasi dengan aparatur pemerintah setempat. Dan melakukan koordinasi dengan dinas instansi terkait untuk kebutuhan alat berat.

Diketahui satu di antara dua mobil yang tertimpa merupakan Honda Freed yang bernomor Polisi B 2622 UBB.

Lalu Lintas Macet Akibat Batu Besar di Cadas Pangeran Menutup Jalan

Menurut pantauan yang dilakukan oleh tim dari Jabarupdate, hingga pukul 20.00 WIB., kemarin, jalur utama penghubung antara Bandung-Cirebon masih memberlakukan buka tutup jalan.

Tidak adanya jalur alternatif lain membuat arus lalu lintas dari kedua arah mengalami kemacetan yang cukup panjang.

Berbeda halnya jika jalur Tol Cileunyi Sumedang Dawuhan (Cisumdawu) sudah beroperasi, maka kemungkinan macet akan bisa dilerai.

Saat ini sudah dibuka seksi satu dari tol Cisumdawu arah Ciileunyi menuju Sumedang namun belum melewati daerah cadas pangeran untuk pintu keluar tolnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
Gilang Widya

Karena Ini, Gilang Widya 'Juragan 99' Mundur dari Presiden Arema FC

Next Article
Dishub Ciamis benahi rambu

Jadi Tuan Rumah Porprov XIV, Dishub Ciamis Benahi Rambu Penunjuk Jalan

Total
0
Share