Budidaya Sorgum, Petani Milenial Garut Lakukan Kerja Sama dengan Kementan

Petani milenial garut
Petani Milenial Garut Lakukan Kerja Sama dengan Kementan RI/Net

Garut, Jabarupdate: Para pemuda Garut yang tergabung dalam kelompok petani milenial Putra Jaya Abadi lakukan kerja sama dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) pada Rabu (10/8/2022).

Kerja sama yang petani millenial ini lakukan adalah dengan fokus dalam bidang budidaya Sorgum.

Adanya kerja sama tersebut bertolak dari program Kementan RI yang mewacanakan pada tahun 2024 “Indonesia menjadi Negara Penghasil Sorgum Terbesar di Dunia”.

Kang Asep Hendra Bakti selaku Dewan Penasihat Kelompok Tani (Poktan) mengatakan, Mekarmukti, Kabupaten Garut harus menjadi daerah percontohan penghasil sorgum.

“Ini merupakan langkah yang baik, oleh karena itu Mekarmukti harus mampu menjadi pusat pengembangan dan percontohan Sorgum di wilayah Garut Selatan,” ujar Kang Ahe, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Mekarmukti Ma’mun Gunawan menyambut baik gerakan petani milenial ini. Mereka menginisiasi untuk maju bersama dengan cara bertani.

“Kami menyambut baik gerakan muda Bertani para pemuda Mekarmukti, semoga bisa berkembang dan maju,” ujar Ma’mun Gunawan.

Kemudian Andre Lesmana selaku Ketua Kelompok Tani menyatakan, pelaksanaan penanaman Sorgum ini secara bertahap.

“Setelah berhasil menanam Sorgum seluas 1.5 hektare, kita akan mengembangkan budidaya Sorgum hingga mencapai 5 hektare,” ujar Andre.

Ia menjelaskan, tahun ini pihaknya merencanakan kelompok tani Putra Jaya Abadi mengelola 20 hektare lahan budidaya Sorgum.

Gilang Irsyad Ramadhan menambahkan bahwa kedepannya bukan saja bidang pertanian yang akan digarap petani milenial Garut ini. Melainkan juga bidang peternakan yang akan dibudidayakan oleh Poktan Putra Jaya Abadi.

“Ke depannya kita sudah merencanakan untuk budidaya sapi dan domba. Untuk menyejahterakan para petani daerah,” tegas Sekretaris Kelompok Tani tersebut.

Dalam acara peresmian penanaman Sorgum ini turut hadir Kepala Desa se-Kecamatan Mekarmukti, Balai Penyuluh Pertanian Mekarmukti, Kapospol Kecamatan Mekarmukti, dan tamu undangan lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous Article
Nasib Ferdy Sambo

Pembalikan Nasib Ferdy Sambo yang Sungguh Drastis

Next Article
Ridwan kamil Jalin Kerja

Ridwan Kamil Jalin Kerja Sama dengan PWNU untuk Membangun Peradaban Jabar

Related Posts
Total
0
Share