Senin, Mei 27, 2024

HMI Ciamis Mendorong Pemda untuk Stabilkan Harga Bahan Pokok

Ciamis, Jabarupdate: Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis mengambil langkah tegas dalam menyoroti kenaikan harga bahan pokok yang semakin meresahkan masyarakat.

Dalam sebuah rilis kajian terbaru, Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan, dan Kepemudaan HMI Cabang Ciamis, Adytya Maulana Aziz, menekankan pentingnya keterlibatan proaktif pemerintah daerah dalam menangani permasalahan ini.

Adytya Maulana Aziz menyatakan bahwa kenaikan harga bahan pokok, terutama beras, telah menjadi isu yang hangat diperbincangkan baik di tingkat nasional maupun lokal.

Meskipun kenaikan harga bahan pokok biasanya terjadi menjelang bulan puasa, Adytya mengingatkan bahwa kelanjutan dari situasi ini dapat mengkhawatirkan bagi kesejahteraan masyarakat.

Faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan harga bahan pokok termasuk meningkatnya permintaan menjelang bulan puasa, kelangkaan pasokan, dan spekulasi harga di pasar lokal.

Adytya juga menyoroti urgensi peran Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam menangani masalah ini, mengacu pada Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Pokok yang menegaskan tanggung jawab pemerintah untuk menjaga kesejahteraan produsen dan konsumen.

Pemerintah daerah Kabupaten Ciamis didoronh untuk meningkatkan koordinasi antarinstansi terkait seperti Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Badan Urusan Logistik (BULOG) guna mengontrol distribusi dan harga bahan pokok.

Adytya juga menekankan perlunya kebijakan intervensi yang tepat guna untuk melindungi kepentingan masyarakat, khususnya dalam memastikan ketersediaan dan keterjangkauan bahan pokok.

Kebijakan intervensi memiliki tiga fungsi yakni ekonomi (meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat miskin), sosial (mengurangi kesenjangan antara masyarakat kaya dan miskin), dan moral (menegakkan nilai-nilai kebenaran dalam aktivitas perekonomian).

Mengingat demikian, maka peran Pemerintah Daerah dinilai sangat sentral, bukan hanya sebagai pembuat kebijakan akantetapi sebagai penjaga stabilitas ekonomi, sosial dan moral.

Menurut Adytya Pemerintah Daerah seakan akan tidak serius dalam mengatasi permasalahan kenaikan harga bahan pokok, kenaikan harga bahan pokok yang sampai saat ini belum terselesaikan berdampak buruk bagi masyarakat.

Pada rilis kajian juga disebutkan apabila masalah ini masih belum diatasi oleh Pemerintah, Hmi Cabang Ciamis akan mengingatkan secara langsung dengan menggeruduk kantor Bupati Kabupaten Ciamis.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler