Selasa, Februari 27, 2024

Jangan Lewatkan! 3 Event Seni dan Sejarah yang Wajib Dikunjungi di Februari 2024, Ada Festival Al-Banjari Pelajar U-19

Editor:Hilmi

Ragam, Jabarupdate: Indonesia Heritage Agency (IHA) pengelola museum dan cagar Indonesia, bersama deretan unit museumnya akan menghadirkan beberapa pameran menarik di bulan Februari 2024.

Lebih dari sekedar apresiasi bagi pecinta musik, tetapi juga menjadi langkah konkret dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai budaya dan warisan Nusantara yang berharga.

1. Pameran Koleksi Masterpiece God Bless

Salah satu musik grup rock legendaris Indonesia, God Bless telah berkiprah selama setengah abad akan memperingati perjalanan karir mereka yang luar biasa dengan menggelar pameran koleksi masterpiece mereka di Galeri Nasional Indonesia.

Pameran ini berlangsung mulai 16 Februari hingga 1 Maret 2024, dan menampilkan berbagai koleksi bersejarah, seperti busana, gitar, bass, keyboard, mixer, kaset, CD, piringan hitam, dan barang lain yang menjadi saksi bisu perjalanan mereka di dunia musik rock Indonesia.

Selain itu, acara tersebut akan berkolaborasi dengan dua perupa seni kontemporer Indonesia, yaitu Eldwin Pradipta dan Muhammad Akbar. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan dan mengapresiasi warisan musik rock Indonesia yang telah menginspirasi banyak generasi.

2. Pameran Batik Indonesia “Hulu ke Hilir”

Museum batik Indonesia juga turut menampilkan pameran temporer bertajuk “Hulu ke Hilir: Ekosistem Batik.”
Pameran ini akan berlangsung pada 29 Februari 2024 yang berfokus memberikan edukasi mengenai nilai-nilai di balik selembar kain batik.

Pameran Batik akan menampilkan seluruh proses produksi baik itu dari penyediaan bahan baku, proses pembuatan hingga menjadi sebuah karya seni batik lengkap yang digunakan oleh masyarakat.

Pameran ini merupakan kesempatan untuk memahami perjalanan kreatif dalam warisan budaya batik Indonesia. Museum Batik Indonesia mengundang masyarakat untuk menikmati pengalaman edukatif dan interaktif di museum secara gratis.

3. Festival Al-Banjari Pelajar U-19 Tingkat Nasional

Festival Al-Banjari Pelajar U-19 Tingkat Nasional adalah sebuah ajang kompetisi seni musik religi yang diselenggarakan oleh KUBAHIRENG (Kumpulan Banjari dan Hadrah Tebuireng) bekerja sama dengan Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asyari.

Festival ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni al-banjari, yaitu seni musik yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan, yang menggabungkan unsur-unsur Arab, Melayu, dan Jawa.

Festival dapat diikuti oleh pelajar usia maksimal 19 tahun dari berbagai daerah di Indonesia, yang akan menampilkan kreativitas dan kemampuan mereka dalam menyanyikan lagu-lagu al-banjari.

Kompetisi ini akan dilangsungkan pada 22 Februari 2024, dan merupakan bagian dari perayaan Milad KUBAHIRENG yang ke-8.

Itulah tiga event seni dan sejarah yang wajib Anda kunjungi di bulan Februari 2024. Selain menambah wawasan dan pengetahuan, event-event ini juga bisa menjadi sumber inspirasi dan hiburan bagi Anda. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler