Sabtu, Juni 22, 2024

Kesbangpol Ciamis Lepas Calon Paskibraka Jawa Barat

Ciamis, Jabarupdate: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbanpol) Kabupaten Ciamis lepas empat siswa SMA/Sederajat yang menjadi calon Paskibraka Provinsi Jawa Barat.

Pelepasan dilaksanakan di Halaman Kantor Badan Kesbangpol di Jalan Tentara Pelajar Nomor 9 Kabupaten Ciamis pada Kamis (11/5/2023).

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Ciamis R. Yadi Trisyadi langsung memimpin acara pelepasan Calon Paskibraka Kabupaten Ciamis tersebut.

Diketahui, pelaksanaan seleksi Calon Paskibraka di Kabupaten Ciamis sudah digelar sejak Maret 2023 lalu.

Dari sekian banyak peserta siswa SMA/Sederajat yang mengikuti seleksi hanya yang terbaiklah yang dipilih untuk bertugas melakukan pengibaran Bendera Pusaka 17 Agustus di tingkat Kabupaten Ciamis.

Kemudian ada dua siswa putra dan dua putri yang terpilih untuk melanjutkan seleksi ke tingkat Provinsi Jawa Barat. Pihak Kesbangpol lepas calon Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat siang tadi.

Keempat siswa itu bakal mengikuti seleksi lanjutan di tingkat provinsi. Jika terpilih, mereka bakal bertugas sebagai pengibar bendera di tingkat Jawa Barat.

Yadi mengungkapkan bahwa para epseta yang mengikuti seleksi Paskibraka melalui beberapa tahapan dengan penilaian mutlak yang harus dilalui dan dimiliki peserta calon.

Di antaranya adalah kemampuan baris berbaria, penilaian pengetahuan umum. Para siswa yang menjadi peserta calon Paskibraka 2023 melaksanakan tes tulis menulis. Mereka juga dituntut memiliki kemampuan verbal yang baik.

Para peserta pun harus mampu mengerjakan soal matematika dan mengikuti pembinaan ideologi pancasila dengan nilai persentase sebesar 25%

Yadi mengungkapkan bahwa sejumlah peserta yang lulus dalam seleksi dan dditetapkan sebagai Psasukan Pengibar Bendera Pusaka bakal bertugas di tingkat Kabupaten Ciamis pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Mereka juga bakal bertugas mengibarkan bendera dalam peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023.

Dia menyampaikan pesan kepada para siswa yang tidak berhasil lolos dalam seleksi Paskibraka jangan sampai patah semangat.

Dia berharap, puluhan siswa dari berbagai SMA/Sederajat itu tetap belajar dengan baik dan menjadi siswa yang berprestasi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News atau gabung di Jabarupdate.id WhatsApp Chanel.

Bagikan Artikel

Komentar

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terbaru

- Advertisment -spot_img

Terpopuler