Kota Banjar, Jabarupdate: Mahasiswa KKN-13 Karyamukti A Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas) gelar kegiatan seminar pemberdayaan pemasaran digitalisasi yang bertempat di Balai Desa Karyamukti, Banjar pada, Minggu (4/08).
Seminar pemberdayaan pemasaran digitalisasi yang mengambil tema “Dari dapur ke Dunia : Promosikan Kuliner Khas Pabuaran di Marketplace Online” tersebut diselenggarakan oleh KKN-13 Karyamukti A.
Diantara mahasiswa tersebut adalah Rifan Ardiansah Abdillah, Dimas Fandi Pratama, Chairunnisa Nurrahimah, Sita Daniyah, Dede Rifda, Nisa Laelatul, Davilla Fikriyah dan Azhar Muzaki.
Selain itu, Aisyah Khofiyalluthfi, Vinda Zalfa, Helmi Fauzan, Amelia Aisyah, Dewi Yulianti, Rima Oktaviani, Annisa Putri dan Nurul Ardilah.
Seminar dihadiri oleh perwakilan BPD, pihak desa beserta jajarannya, Dosen Pembimbing Lapangan KKN-13 Karyamukti A, kader masyarakat serta para pemilik UMKM.
Seminar pemberdayaan pemasaran digitalisasi tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan era digital kepada masyarakat demi keberlangsungan UMKM yang dimiliki masyarakat.
“Setelah melakukan survey selama kurang lebih sepekan, kami menemukan potensi UMKM di desa Karyamukti yang bisa dikembangkan lebih mendunia di era digital saat ini,” ucap Rifan Ardiansah, selaku ketua kelompok KKN-13 Karyamukti A.
Fikri Aditya selaku kepala desa Karyamukti turut memberikan sambutannya dalam seminar tersebut.
“Seiring berkembangnya zaman, kita harus lebih membuka mata. Karena jika kita tidak dapat mengikuti perkembangan zaman, maka kita yang akan ditinggalkan,” Ujar Fikri Aditya.
Materi mengenai UMKM dan pemasaran online disampaikan oleh Nisa Laelatul selaku pemateri dari kelompok KKN-13 dan narasumber yang merupakan manager salah satu perusahaan toko online.
Nisa menjelaskan bahwa UMKM merupakan jantung perekonomian Indonesia, tulang punggung pertumbuhan ekonomi, serta penyerapan tenaga kerja di seluruh negeri.
“UMKM merupakan kunci dalam mendukung keberhasilan para pelaku usaha kecil dan menengah,” ucap Nisa.
Namun memiliki UMKM saja tidak cukup, pelaku usaha juga harus mau berkembang dan mengikuti zaman di era digital ini untuk tetap mempertahankan usahanya.
Alam Fadlan selaku narasumber dalam seminar, menyampaikan bahwa era digital merupakan kesempatan bagi kita khususnya pelaku usaha untuk mengembangkannya lebih maju bahkan mendunia.
“Di zaman sekarang, orang-orang lebih memilih berbelanja mudah dan praktis dengan hanya menggunakan gadget yakni berbelanja pada toko online,” kata Alam Fadlan.
Ia menambahkan, salah satu alasan pemasaran online lebih menguntungkan yaitu target pasar yang luas karena seluruh pengguna internet dapat menjangkaunya dengan pemesanan online.
Tati Febrianti Syantika Rini, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok KKN-13 mengaku bangga dan berharap upaya ini dapat memotivasi masyarakat untuk lebih berkembang mengikuti zaman.
“Saya bangga terhadap anak-anak mahasiswa yang sudah berusaha keras. Saya berharap ilmu ini dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi masyarakat, khususnya yang memiliki UMKM,” ujarnya.
Mahasiswa KKN-13 Karyamukti A berharap seminar ini dapat bermanfaat serta UMKM yang dimiliki masyarakat Karyamukti bisa lebih berkembang kedepannya.